Konsep Ilmu Pengetahuan Perspektif Dr. Syaikh Sulaiman bin Salimullah Ar Ruhaily dalam kitab “Al Ilmu Wasailuhu Wa Tsimaruhu

Nida, Khofyan (2018) Konsep Ilmu Pengetahuan Perspektif Dr. Syaikh Sulaiman bin Salimullah Ar Ruhaily dalam kitab “Al Ilmu Wasailuhu Wa Tsimaruhu. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (329kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (360kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (947kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (703kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (439kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (591kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari nasehat Dr. Syaikh Sulaiman bin Salimullah Ar Ruhaily yaitu menuntut ilmu merupakan perintah sekaligus kewajiban. Manusia diperintahkan untuk menuntut ilmu, karena dengan ilmu manusia bisa mencapai apa yang dicita-citakan baik di dunia maupun di akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Konsep ilmu pengetahuan dalam kitab Al Ilmu Wasailuhu Wa Tsimaruhu, 2. Relevansi kitab Al Ilmu Wasailuhu Wa Tsimaruhu terhadap Pendidikan Islam, 3. Kontribusi kitab Al Ilmu Wasailuhu Wa Tsimaruhu terhadap Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (library research) dengan menggunakan metode menafsirkan (Hermeneutik). Sedangkan pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang tidak menggunakan hitungan dan menekankan analisis pada proses penyimpulan deduktif, sumber data yang digunakan yaitu sumber primer dan skunder. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data literatur. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis literature review yaitu peneliti mempelajari, mendalami, mencermati, menelaah, dan mengidentifikasi dalam proses penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: 1. Konsep ilmu pengetahuan dalam kitab Al Ilmu Wasailuhu Wa Tsimaruhu, berisi tentang Ikhlas karena Allah SWT, Beramal yang didasari dengan ilmu pengetahuan, Taqwa kepada Allah SWT, Tujuan yang jelas dan perencanaan yang tepat, Mengetahui metode dalam menuntut ilmu, Menyibukkan dengan kitab-kitab salaf dan dari buku lainnya dengan kesibukan yang tak berguna, Cerdas dalam memahami dan menjaga suatu ilmu pengetahuan, Berkeinginan membaca terlebih dahulu agar bisa mencapai dalam suatu pengetahuan, Hidup dengan kesederhanaan dan tidak berlebihan, Berteman dengan orang yang mempunyai cita-cita tinggi dalam menuntut ilmu, Tamak dalam mengambil manfaat dari berbagai sarana ilmu dalam setiap bentuknya. Konsep menuntut ilmu yang disampaikan oleh Dr. Syaikh Sulaiman bin Salimullah Ar Ruhaily, dimaksudkan supaya penuntut ilmu dapat memahami bagaimana cara menuntut ilmu yang baik dan benar sehingga dapat mencapai kesempurnaan hidup. 2. Relevansi kitab Al Ilmu Wasailuhu Wa Tsimaruhu terhadap Pendidikan Islam yaitu: mengusung tentang aturan-aturan bagi penuntut ilmu yang diantaranya meliputi aspek jasmani dan rohani yang senantiasa mengagungkan kebesaran Allah dengan meneladani Rasulullah, menjunjung tinggi ilmu pengetahuan serta aspek-aspek lain yang sangat komprehensif yang sesuai dengan pendidikan Islam yang berorientasi pada keimanan dan ketakwaan. 3. Kontribusi kitab Al Ilmu Wasailuhu Wa Tsimaruhu terhadap Pendidikan Islam memberi kontribusi untuk dapat dikembangkan dan dapat diaplikasikan dalam pengelolaan pendidikan Islam di Indonesia agar menjadi lebih baik, bermutu, dan profesional. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pemerhati pendidikan serta dapat memberikan kontribusi dan menjadi hasanah keilmuan dalam membina akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsep Ilmu Pengetahuan; Al Ilmu Wasailuhu Wa Tsimaruhu
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Mar 2019 06:40
Last Modified: 29 Mar 2019 06:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2319

Actions (login required)

View Item View Item