APRILIANI, ANNISA WAHYU (2018) KERJASAMA ANTARA ORANG TUA DENGAN GURU DALAM PEMBINAAN SIKAP DAN PERILAKU SISWA KELAS VIII (Studi Kasus di Madrasah MTs. NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus Tahun 2018-2019). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (332kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (455kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (933kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (471kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (537kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bentuk kerjasama antara orang tua dengan guru dalam pembinaan sikap dan perilaku siswa kelas VIII di MTs. NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus (2) Untuk mengetahui upaya antara orang tua dengan guru dalam pembinaan sikap dan perilaku siswa kelas VIII di MTs. NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kerjasama antara orang tua dengan guru dalam pembinaan sikap dan perilaku siswa kelas VIII di MTs. NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif. Lokasi penelitian di MTs NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, guru akidah akhlak, orangtua peserta didik dan peserta didik. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi. Dan metode analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penyimpulan data. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: Pertama, bentuk kerjasama antara orang tua dengan guru dalam pembinaan sikap dan perilaku siswa kelas VIII di MTs. NU Tamrinut Thullab meliputi adanya konsultasi lngsung antara guru dan orang tua, kunjungan guru ke rumah orang tua siswa, serta pertemuan wali murid. Kedua, upaya yang dilakukan oleh pihak guru dalam pembinaan sikap dan perilaku siswa kelas VIII di MTs. NU Tamrinut Thullab adalah dengan memberikan keteladanan, nasihat, hukuman dan pembiasaan. Adapun upaya yang telah dilakukan oleh orang tua adalah dengan memberikan nasihat dan membiasakan anak, menanamkan kejujuran pada anak, serta pengetahuan agama. Ketiga, faktor pendukung yang berasal dari pihak guru adalah sebagian guru yang telah memiliki kemampuan mencakup kompetensi personal, sosial, dan profesional yang ditunjang dengan berbagai fasilitas yang cukup memadai. Sedangkan faktor pendukung dari orangtua adalah sebagian dari orang tua yang memberikan sikap keterbukaan serta dukungan terhadap program-program madrasah. Adapun faktor penghambat dari pihak guru adalah kurang maksimalnya guru dalam menangani siswa dikarenakan sebagian guru mengajar tidak hanya di satu tempat. Sedangkan faktor penghambat dari pihak orang tua adalah faktor kesibukan, tidak memiliki waktu ataupun kurangnya perhatian terhadap anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Mar 2019 06:58 |
Last Modified: | 29 Mar 2019 06:58 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2322 |
Actions (login required)
View Item |