HANA, LAILY NASROTUL (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA MELALUI METODE INKUIRI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA DARUL ULUM NGEMBALREJO BAE KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (285kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (368kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (729kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (309kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (506kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (347kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (442kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui model pembelajaran berorientasi aktivitas siswa melalui metode inkuiri pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus tahun pelajaran 2018/2019, 2) untuk mengetahui implementasi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa melalui metode inkuiri pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus tahun pelajaran 2018/2019, 3) untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat implementasi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa melalui metode inkuiri pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh dari informan kepala madrasah, guru Akidah Akhlak, dan siswa terkait dengan permasalahan penelitian. Adapun lokasi penelitian di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus. Adapun hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa melalui metode inkuiri pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas XI MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus sudah efektif, hal ini dibuktikan dengan semakin tertariknya peserta didik akan pembelajaran, peserta didik semakin merespon akan pembelajaran Akidah Akhlak, peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran berorientasi aktivitas siswa melalui metode inkuiri dilaksanakan melalui enam langkah yaitu orientasi penerimaan dan pendefinisian masalah, pengembangan hipotesis, pengumpulan data, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan. Faktor pendukung implementasi pembelajaran berorientasi aktivitas siswa melalui metode inkuiri pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus dibagi menjadi dua yakni dari dalam diri sendiri (internal) dan dari luar (eksternal) yang meliputi: 1) Interaksi antara peserta didik dengan pendidik yang berjalan lancar dalam membangun pemahaman baru. 2) Rasa penasaran dan keingintahuan peserta didik terhadap materi pembelajaran dengan menjaga perhatian karena kunci keberhasilan dalam pelaksanaan metode ini terletak pada konsentrasi peserta didik. 3) Berbagai motivasi yang mendorong peserta didik untuk tetap semangat dalam belajar. 4) Didukung oleh fasilitas dari Madrasah yang lengkap, dari mulai pemakaian LCD pada pembelajaran sampai dengan buku-buku yang tersedia di madrasah yang dapat digunakan peserta didik untuk belajar ataupun untuk mempraktekkan pelajaran yang telah peserta didik dapat. Sedangkan faktor penghambatnya adalah sebagai berikut: 1) Ketidakberanian peserta didik dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pendidik. 2) Tingkat perhatian dan konsentrasi peserta didik. 2) Alokasi waktu pembelajaran Akidah Akhlak yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa; Metode Inkuiri; Mata Pelajaran Akidah Akhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Mar 2019 07:03 |
Last Modified: | 29 Mar 2019 07:03 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2323 |
Actions (login required)
View Item |