Muthi’ah, Ainul (2016) PENGARUH TEKNIK THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DALAM MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTS NEGERI PAMOTAN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (128kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (296kB) |
|
Text
4. Bab 1.pdf Download (294kB) |
|
Text
5.Bab 2.pdf Download (435kB) |
|
Text
6. Bab 3.pdf Download (385kB) |
|
Text
7. Bab 4.pdf Download (600kB) |
|
Text
8. Bab 5.pdf Download (296kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (292kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengetahui penerapan teknik thinking aloud pair problem solving (tapps) dalam mata pelajaran fiqih (2) Mengetahui keterampilan pemecahan masalah dalam mata pelajaran fiqih (3) Mengetahui pengaruh teknik thinking aloud pair problem solving (tapps) terhadap keterampilan pemecahan masalah dalam mata pelajaran fiqih. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan pada situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Peneliti ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang akan diteliti dengan kuantitatif adalah teknik thinking aloud pair problem solving (tapps) terhadap keterampilan pemecahan masalah dalam mata pelajaran fiqih. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs Negeri Pamotan Rembang yakni pada ruang lingkup kelas VII. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pamota Rembang, sedangkan sampelnnya diambil satu kelas yaitu kelas VII E yang terdiri dari 30 peserta didik. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik sampling purposive. Dikatakan sampling purposive karena pengambilan anggota sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data di lapangan yang terkait dengan obyek penelitian ini adalah dengan menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dikatakan simple random sampling karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik thinking aloud pair problem solving (tapps) dalam mata pelajaran fiqih di kelas VII E dalam kategori cukup baik sebesar 29,2 keterampilan pemecahan masalah dalam mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII E dalam kategori cukup baik yaitu sebesar 29,333. Terdapat pengaruh yang signifikan dengan model Y = 0,571 + 0,985 X, kemudian variabel teknik thinking aloud pair problem solving (tapps) mempunyai hubungan yang positif dengan keterampilan pemecahan masalah yang sangat kuat signifikan sebesar 0.904. kemudian pada koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 81,637%, artinya teknik thinking aloud pair problem solving (tapps) memberikan konstribusi sebesar 81,637% terhadap keterampilan pemecahan masalah dalam pembelajaran fiqih di MTs Negeri Pamotan Rembang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS); Pemecahan Masalah |
Subjects: | Fiqih, Hukum Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Dec 2016 08:15 |
Last Modified: | 04 Dec 2016 08:15 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/236 |
Actions (login required)
View Item |