PARTINI, PARTINI (2018) PENGELOLAAN KEGIATAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI SISWA DI MI MUHAMMADIYAH 1 KUDUS TAHUN 2017/2018. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (25MB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V PENUTUP.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam menghadapi era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan tidak cukup hanya mengedepankan kecerdasan intelektual saja akan tetapi di sisi lain perlu untuk menguatkan nilai etika, moral dan karakter peserta didik. Penanaman nilai-nilai karakter bisa dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler, Hizbul Wathan sebagai kegiatan ekstrakurikuler kepanduan berasaskan Islam, berupaya untuk membina anak-anak, remaja dan pemuda agar memiliki aqidah, mental yang kuat, fisik yang tangguh, berilmu dan berteknologi serta memiliki akhlak mulia, keberadaan Hizbul Wathan di sekolah-sekolah Muhammadiyah tentunya akan lebih memudahkan penanaman sikap toleransi. Maka dalam penelitian ini penulis mengambil fokus pada pengelolaan kegiatan kepanduan Hizbul Wathan dalam membentuk sikap toleransi di MI Muhammadiyah 1 Kudus Tahun 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang diperoleh dari sumber data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan model analisis interaktif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Pengelolaan kegiatan kepanduan Hizbul Wathan dalam membentuk sikap toleransi siswa di MI Muhammadiyah 1 Kudus. 2) Sikap toleransi siswa di MI Muhammadiyah 1 Kudus , 3) Dampak pengelolaan kegiatan kepanduan Hizbul Wathan dalam membentuk sikap toleransi siswa di MI Muhammadiyah 1 Kudus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Dengan Pengelolaan kegiatan kepanduan Hisbul Wathan yang terprogram, terarah dan terukur secara baik melalui bentuk bentuk kegiatan kepanduan Hizbul Wathan serta kandungan nilai karakter dari kegiatan kepanduan Hizbul Wathan berdampak pada pembentukan sikap toleransi siswa di MI Muhammadiyah 1 kudus sehingga tujuan kegiatan Hisbul Wathan untuk mendidik siswa agar memiliki karakter berbudi luhur, berjiwa nasionalisme dan melaksanakan Islam yang sebenar-benarnya, dapat tercapai agar siswa mampu menerapkan dalam kehidupan sehari- hari.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan kegiatan Kepanduan Hizbul Wathan; Sikap Toleransi. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Apr 2019 03:28 |
Last Modified: | 18 Apr 2019 03:28 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2363 |
Actions (login required)
View Item |