PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP IT ASSA’IDIYYAH KIRIG MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ASIYAH, NOOR (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT-BASED LEARNING) TERHADAP KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP IT ASSA’IDIYYAH KIRIG MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (145kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (251kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (721kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (589kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (593kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (222kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 105 siswa kelas VIII di SMP IT Assa’idiyyah Kirig Mejobo Kudus. Pengambilan menggunakan populasi, dan try out berjumlah 35 siswa, eksperimen berjumlah 35 siswa dan kontrol berjumlah 35 siswa. Analisis penelitian menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes eksperimen menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning) Terhadap Keaktifan Siswa sebesar 67.31 dan postes eksperimen 82.74. Nilai tersebut menunjukkan ada peningkatan 15.43 nilai paired samples t-tes 5.543 dengan nilai signifikansi p < 0,05 p= 0,000. Hasil tersebut menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara siswa sebelum menggunakan pembelajaran berbasis proyek dan sesudah menggunakan pembelajaran berbasis proyek. Pretes kontrol hasil nilai rata-rata pretes kontrol sebesar 53.03 dan postes control 60.46. Hasil tersebut menunjukkan ada peningkatan 7.43. Nilai paired samples t-tes 2,449 dengan nilai signifikansi p > 0,05 p= 0,000. Hasil tersebut menunjukkan ada peningkatan yang signifikan. Perbandingan pretes kontrol dan pretes eksperimen hasil nilai perbandingan nilai rata-rata pretes kontrol 53.03 dan pretes eksperimen 67.31. Nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai pretes kontrol < daripada nilai pretes eksperimen. Nilai levene’s test dengan nilai F= 8.61 dan nilai signifkansi p < 0,05 (p = 0,026) signifikansi. Nilai tersebut menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara pretes kontrol dan pretes eksperimen. Hal tersebut bisa terjadi karena responden pretes kontrol IQnya lebih rendah/ belum pernah membaca materi yang diujikan ataupun faktor yang lain. Perbandingan postes kontrol dan postes eksperimen hasil nilai perbandingan nilai rata-rata postes kontrol 60.46 dan postes eksperimen 82.74. Nilai tersebut menunjukkan bahwa nilai postes kontrol < daripada nilai postes eksperimen. Nilai levene’s test dengan nilai F= 6.636 dan nilai signifkansi p < 0,05 (p = 0,000) signifikansi. Nilai tersebut menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara postes kontrol dan postes eksperimen. Hal tersebut bisa terjadi karena responden postes kontrol efektifitas pembelajaran berbasis proyek leebih efektif daripada kontrol kelas konvensional, hal tersebut dapat dilihatdari nilai peningkatan pada rerata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning); Keaktifan Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Apr 2019 07:05
Last Modified: 22 Apr 2019 07:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2384

Actions (login required)

View Item View Item