PELAKSANAAN BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MEMBANGUN PERCAYA DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PONDOK PESANTREN NUR IHSAN DI DESA PRANTI KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG

EVIDAH, SALIS NUR (2018) PELAKSANAAN BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MEMBANGUN PERCAYA DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PONDOK PESANTREN NUR IHSAN DI DESA PRANTI KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRACK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam membangun percaya diri anak berkebutuhan khusus di Pondok Pesantren Nur Ihsan di Desa Pranti Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang. Untuk mengetahui kendala pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam membangun percaya diri anak berkebutuhan khusus di Pondok Pesantren Nur Ihsan di Desa Pranti Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi data reduction, data display dan conclusion drawing/verivication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam membangun percaya diri anak berkebutuhan khusus di Pondok Pesantren Nur Ihsan di Desa Pranti Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang merupakan pemberian bantuan yang terus menerus dari pengasuh pondok yang telah dipersiapkan kepada santri khususnya yang memiliki kebutuhan khusus yang membutuhkannya dalam rangka mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya secara optimal dengan menggunakan berbagai macam media dan teknik bimbingan dalam suasana asuhan yang normatif agar tercapai kemandirian sehingga individu dapat bermanfaat baik bagi dirinya sendiri maupun bagi lingkungannya. Bentuk bimbingan yang dilaksanakan yaitu dengan kegiatan hadroh, ekstra kaligrafi, membaca kitab kuning dan olahraga tenis meja sesuai dengan minat dan bakat santri berkebutuhan khusus yang memerlukan penanganan lebih intensif. Pelaksanaan bimbingan keagamaan ini terdiri dari beberapa tahap yaitu langkah identifikasi anak dan diagnosis, langkah prognosis, langkah terapi, langkah evaluasi dan follow up dengan tujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri santri yang bisa dilihat dengan berani berbicara di depan umum, aktif mengikuti kegiatan pondok pesantren dan lainnya. Kendala pelaksanaan bimbingan keagamaan dalam membangun percaya diri anak berkebutuhan khusus di Pondok Pesantren Nur Ihsan di Desa Pranti Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang yaitu kurangnya metode dan pendekatan yang digunakan sebagai media bimbingan keagamaan yang selama ini berupa perlengkapan hadroh. Kendala yang lain adalah kurangnya komunikasi antara orang tua, pengasuh dengan psikolog yang bertugas menangani anak berkebutuhan khusus, hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua cenderung pasrah kepada pengasuh pondok pesantren dengan tidak melakukan kontrol kepada anaknya yang memiliki kebutuhan khusus khususnya cacat mental.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Percaya Diri Anak Berkebutuhan Khusus
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Apr 2019 02:21
Last Modified: 24 Apr 2019 02:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2392

Actions (login required)

View Item View Item