ROFI’I, AHMAD (2018) Strategi, Pembelajaran Kreatif, Keterampilan Bertanya, Fiqih. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (29MB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui model bimbingan dan konseling di SDIT Umar bin Khattab Juwana. (2) Untuk mengetahui keberagamaan siswa SDIT Umar bin Khattab Juwana. (3) Untuk mengetahui hasil model bimbingan dan konseling dalam meningkatkan keberagamaan siswa SDIT Umar bin Khattab Juwana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi dan triangulasi. Informan / subjek penelitian kualitatif, peneliti mewawancarai informan yakni kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling (konselor), guru bidang studi lain, wali kelas, wali murid dan siswa Penelitian ini menyimpulkan tiga hal. Pertama model bimbingan dan konseling yang ada di SDIT Umar bin Khathab Juwana adalah model terpandu di mana guru menggunakan buku panduan Muthāba’ah Yaumiyyah untuk melakukan pengawalan terhadap pembiasaan ibadah, pembiasaan akhlak, dan pembiasaan kemandirian peserta didik, baik di sekolah maupun di rumah. Kedua Keberagamaan siswa SDIT Umar bin Khathab Juwana sangat baik dibandingkan dengan Sekolah Dasar yang lain. Pembiasaan ibadah di sekolah, mulai shalat Dhuha, Tilawah, Shalat Berjamaah, dan lain-lain terkonsep dengan baik dan masuk dalam kurikulum sekolah. Semua kegiatan tersebut terpantau dan terkawal melalui buku Muthāba’ah Yaumiyyah . Ketiga Dengan adanya model bimbingan dan konseling terpandu dengan buku Muthāba’ah Yaumiyyah , keberagamaan siswa terkawal dengan baik. Buku ini benar-benar menjadi fokus kegiatan pembiasaan ibadah, akhlak, dan kemandirian siswa SDIT Umar bin Khathab Juwana. Keberagaan siswa meningkat dengan pembiasaan nyata melalui kegiatan setiap hari (a’mal yaumiyyah) yang terekam dalam catatan yang ada dalam buku Muthāba’ah Yaumiyyah . Peningkatan kebiasaan ibadah, akhlak, dan kemandirian mereka terfokus dan tidak melebar, sehingga terpantau dan terkawal dengan jelas melalui laporan pekanan dalam buku Muthāba’ah Yaumiyyah .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model bimbingan konseling; Peningkatan keberagamaan siswa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 24 Apr 2019 02:48 |
Last Modified: | 24 Apr 2019 02:48 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2394 |
Actions (login required)
View Item |