PENGARUH BIMBINGAN KONSELING ISLAM KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI SISWA SMA AL YAQIN SLUKE REMBANG

PUTRA, KRISNA ATMAJA (2018) PENGARUH BIMBINGAN KONSELING ISLAM KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI SISWA SMA AL YAQIN SLUKE REMBANG. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (658kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (654kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (521kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (778kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (908kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (922kB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (474kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui secara mendalam mengenai Pengaruh Bimbingan Konseling Islam Terhadap Peningkatan Konsep Diri Siswa di SMA Al Yaqin Sluke Rembang, 2) Mengetahui Efektifitas Bimbingan Konseling Islam Terhadap Peningkatan Konsep Diri Siswa di SMA Al Yaqin Sluke Rembang. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di SMA Al Yaqin Sluke Rembang. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru BK dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan metode skala dan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 75 siswa, kemudian diambil sampel sebesar 63 siswa dengan berpedoman pada teknik pengukuran salpel Krecjie & Morgan. Hasil analisis data dapat diperoleh sebagai berikut: 1) Pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam di SMA AL Yaqin Sluke Rembang tergolong baik karena memiliki rata-rata 46 dalam interval 41 - 54, 2) Konsep Diri siswa di SMA Al Yaqin Sluke Rembang tergolong cukup baik karena memiliki rata-rata 26 dalam interval 19 - 27, dan 3) Terdapat pengaruh bimbingan konseling Islam dan konsep diri siswa di SMA Al Yaqin Sluke Rembang sebesar 9,37% sedangkan sisanya merupakan pengaruh variabel lain diluar variabel Bimbingan Konseling Islam yang belum diteliti oleh peneliti. Nilai koefisien regresi nilai t hitung 2,515 dan signifikansi 0,015 > 0,05 maka tidak berpengaruh terhadap konsep diri¸ tetapi memiliki kontribusi pada R Square adalah 0,094. Standar Error of the Estimete adalah 2,451. Persamaan regresi Y ̅ = 15,58 + 0,231X. Persamaan regresi tersebut dapat diartikan bahwa apabila konsep diri seseorang 0 sebelum dipengaruhi oleh bimbingan konseling Islam kelompok, ada kenaikan 0,231 setelah dipengaruhi oleh bimbingan konseling islam kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam; Konsep Diri Siswa
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Apr 2019 04:02
Last Modified: 24 Apr 2019 04:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2398

Actions (login required)

View Item View Item