Pembelajaran PAI Bagi Anak Autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Pedawang Bae Kudus Tahun 2018

Makfuah, Dewi Latifatul (2018) Pembelajaran PAI Bagi Anak Autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Pedawang Bae Kudus Tahun 2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN AWAL.pdf

Download (548kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (277kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (427kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (239kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (283kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (202kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)

Abstract

Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui: 1) Proses pembelajaran PAI bagi anak autis di Pondok Pesantren Al Achsaniyyah. 2) Metode pembelajaran PAI bagi anak autis di Pondok Pesantren Al Achsaniyyah. 3) Evaluasi pembelajaran PAI bagi anak autis di Pondok Pesantren Al Achsaniyyah. 4) Kendala dalam pembelajaran PAI bagi anak autis di Pondok Pesantren Al Achsaniyyah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif jenis field research, yaitu peneliti langsung terjun ke lapangan (lokasi penelitian) untuk melakukan penelitian dan mengumpulkan informasi. Adapun sumber informasi dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah meliputi pertama kegiatan awal, yang diisi dengan kegiatan apersepsi, kedua kegiatan inti, yang berisi penyampaian pembelajaran, dan terakhir kegiatan penutup yang berisi tentang penilaian sejauh mana peserta didik mampu menguasai pembelajaran. 2) Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah menggunakan metode ABA/ Lovaas. 3) Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran PAI yaitu UTS, UAS, serta evaluasi mingguan dan bulanan. Evaluasi dilaksanakan dengan cara pengamatan ketika proses pembelajaran berlangsung dan di akhir semester ketika menjelang anak liburan. 4) Kendala dalam proses pembelajaran PAI di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah yaitu Materi yang disajikan berulang-ulang sehingga rasa bosan terkadang menyerang para guru, kurangnya kerjasama antara guru dan orang tua sehingga materi yang diajarkan hanya direalisasikan di Pondok Pesantren saja, akan tetapi tidak dibiasakan oleh orang tua di rumah, minimnya tenaga pengajar sehingga pada kelompok Pra yang awalnya satu siswa satu guru menjadikan satu guru lima siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Anak Autis
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Apr 2019 03:24
Last Modified: 25 Apr 2019 03:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2416

Actions (login required)

View Item View Item