IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NURUL ILMI BATEGEDE NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MAYARINTAS, DIAH LUFIFA (2018) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NURUL ILMI BATEGEDE NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (721kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (748kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (647kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (543kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (462kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (552kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, faktor pendukung dan solusi penerapan metode pembelajaran debat aktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini sumber data primer berupa wawancara dengan kepala madrasah, guru mata pelajaran dan siswa berkaitan tentang pelaksanaan metode pembelajaran debat aktif dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran debat aktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Nurul Ilmi Bategede Nalumsari Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018 meliputi guru memilih topik yang menarik atau problema kasus mengenai mata pelajaran Fiqih materi pernikahan. Kemudian guru memberi ketegasan bahwa guru menginginkan pendapat dari siswa sendiri tentang persoalan materi pernikahan. Kemudian guru menganjurkan siswa agar berbicara singkat dan padat supaya siswa yang lain mendapat kesempatan berpartisipasi dalam diskusi, jika menghendaki guru menetapkan batas waktu saat pembicara mendapatkan giliran untuk berbicara. Penghambat penerapan metode debat aktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih antara lain meliputi keterbatasan waktu, keterbatasan referensi dan keragaman karakter siswa. Solusi keterbatasan waktu adalah dengan merencanakan penggunaan metode debat aktif satu minggu sebelum pelaksanaan sehingga pada saat jadwal pelajaran dilakukan guru langsung mengatur siswa untuk persiapan dalam pelaksanaan metode debat aktif. Solusi keterbatasan referensi atau sumber belajar pendukung mata pelajaran Fiqih, yaitu guru memberi kebebasan kepada siswa untuk mencari materi pelajaran dari sumber internet yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Solusi keragaman karakter siswa yaitu guru memiliki kesabaran yang lebih tinggi untuk mempersilahkan siswa mengutarakan pendapatnya meskipun hanya satu hingga dua kalimat saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Debat Aktif; Hasil Belajar Siswa; Fiqih.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Apr 2019 01:46
Last Modified: 29 Apr 2019 01:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2424

Actions (login required)

View Item View Item