STUDI ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS I DI MI NU AL-KHURRIYAH 03 BESITO KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nayyiroh, Nur Nadhifatin (2018) STUDI ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS I DI MI NU AL-KHURRIYAH 03 BESITO KECAMATAN GEBOG KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (701kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (327kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (746kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (228kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)

Abstract

Pelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembentukan perilaku disiplin sejak anak dikelas bawah. Karena perilaku disiplin ini yang akan dijadikan pondasi awal siswa dalam melakukan sesuatu kegiatan apapun agar tidak berantakan dan sesuai aturan atau tata tertib. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana upaya guru dalam pembentukan perilaku disiplin kelas I di MI Al Khurrriyah 03 kecamatan Gebog Kabupaten Kudus (2) Bagaimana peran guru dalam pembentukan perilaku disiplin kelas I di MI NU Al Khurrriyah 03 kecamatan Gebog Kabupaten Kudus (3) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pembentukan perilaku disiplin kelas I di MI Al Khurrriyah 03 kecamatan Gebog Kabupaten Kudus? penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam pembentukan perilaku disiplin siswa kelas 1 di MI NU Al Khurriyah 03 Gebog Kudus. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan (field research) yang dilaksanakan di MI NU Al Khurriyah 03 Besito Kudus. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Sedangkan sumber data utama yang digunakan adalah wali kelas I, , Waka Kurikulum, kepala madrasah, dan siswa kelas I di MI NU Al Khurriyah 03 Besito Gebog Kudus, yang kemudian ditambah oleh sumber data sekunder berupa buku, dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan meningkatkan uji kredibilitas, uji transferability dan triangulasi.. Dan pada tahap analisis data dengan melakukan pengumpulan data,reduksi data, penyajian data, dan verifikasi Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Upaya yang dilakukan guru dalam pembentukan perilaku disiplin siswa kelas 1 di MI NU Al-Khurriyah 03 Besito Kudus yaitu melakukan pembiasan-pembiasan kepada siswa, perilaku disiplin sebuah komitmen di madrasah, perilaku disiplin di dalam kelas dilakukan dari hal kecil dulu. (2) Peran guru dalam pembentukan perilaku disiplin siswa kelas 1 di MI NU Al-Khurriyah 03 Besito Kudus yaitu dari teladan yang dilakukan oleh Bapak/Ibu guru melalui ketepatam guru saat datang ke madrasah, guru mentaati tata tertib yang telah ada dengan berseragam sesuai dengan jadwal, pembiasaan yang dilakukan oleh guru. (3) Faktor pendukung terbentuknya perilaku disiplin siswa kelas 1 di MI NU Al-Khurriyah 03 Besito Kudus yaitu peran langsung dari kepala madrasah, peran aktif Bapak/Ibu guru dalam pembentukan perilaku disiplin, dan kerjasama saja pihak madrasah dengan orangtua siswa. Faktor penghambat pembentukan perilaku disiplin siswa kelas 1 yaitu siswa itu sendiri, keluarga, dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran guru; Pembentukan perilaku disiplin
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Apr 2019 02:55
Last Modified: 29 Apr 2019 02:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2432

Actions (login required)

View Item View Item