Lestari, Niti Hidayah Syani Puji (2016) PENGGUNAAN MEDIA TUTORIAL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ISLAM SUDIRMAN MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017, PROGRAM S1 JURUSAN TARBIYAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) STAIN KUDUS, 2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. Cover.pdf Download (706kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (143kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (292kB) |
|
Text
4. Bab 1.pdf Download (293kB) |
|
Text
5. Bab 2.pdf Download (575kB) |
|
Text
6. Bab 3.pdf Download (297kB) |
|
Text
7. Bab 4.pdf Download (620kB) |
|
Text
8. Bab 5.pdf Download (268kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (315kB) |
Abstract
Penelitian yang peneliti lakukan adalah berupa penelitian lapangan. Penelitian lapangan merupakan penelitian yang di lakukan di lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi informan yang berada di lokasi yang telah di tentukan. Peneliti melakukan penelitian langsung ke lapangan guna memperoleh data yang nyata tentang penggunaan media tutorial pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Sudirman Mejobo Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan penggunaan media tutorial pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Sudirman Mejobo Kudus 2) Faktor pendukung dan penghambat penggunaan media tutorial pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Sudirman Mejobo Kudus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan penggunaan media tutorial di lakukan dengan memanfaatkan materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan komputer yang diprogram oleh guru Pendidikan Agama Islam, pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam guru telah melaksanakan tahapan prosedural pembelajaran, baik pada tahap perencanaan, pelaksanaan, maupun tahap evalusi. Penggunaan media tutorial pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam ini telah berlangsung dengan baik terlihat guru mampu meningkatkan motivasi belajar dan minat belajar peserta didik sehingga mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam pembelajaran. (2) Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media tutorial pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Sudirman Mejobo Kudus yang mendukung paling utama yaitu dalam diri peserta didik, guru dan orang tua serta fasilitas yang ada di sekolah. Faktor yang menghambat meliputi dari diri peserta didik yang malas untuk belajar, motivasi yang kurang, pemahaman tentang materi sehingga menjadikan peserta didik kurang semangat dalam belajar. Kata kunci: Media tutorial, Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media tutorial; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Dec 2016 04:47 |
Last Modified: | 08 Dec 2016 04:47 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/244 |
Actions (login required)
View Item |