PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK PADA TEMA INDAAHNYA KEBEERSAMAAN KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM LORAM KULON JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

KHOIRIYAH, KHOIRIYAH (2018) PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK PADA TEMA INDAAHNYA KEBEERSAMAAN KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM LORAM KULON JATI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (855kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (509kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (666kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (631kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (633kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (385kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)

Abstract

keterampilan proses dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik pada tema indahnya kebersamaan kelas IV MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati KudusTahun Pelajaran 2018/2019. (2) mengetahui hasil belajar IPA peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses pada tema indahnya kebersamaan kelas IV MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. (3) mengetahui hasil belajar IPA peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ekspositori pada tema indahya kebersamaan kelas IV MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus. (4) mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan pada kelompok yang menggunakan pendekatan keterampilan proses dan kelompok yang menggunakan pendekatan ekspositori terhadap hasil belajar IPA peserta didik pada tema indahnya kebersamaan kelas IV MI NU Miftahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yaang lain dalam kondisi ysang terkendalikan. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian langsung di MI NU Mifatahul Ulum Loram Kulon Jati Kudus yang difokuskan pada kelas IV . Yaitu kelas A dan B. Kemudian, diambil sampel sebesar 38 peserta didik menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif dan komparatif. Menggunakan statistik nonparametris binominal dan analisis statistik nonparametris dengan Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar IPA peserta didik yang megikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses pada tema indahnya kebersamaan kelas IV MI NU Miftahul Ulum diperoleh nilai rata-rata sebesar 8,96 dan termasuk dalam keompok tinggi. 2) Hasil belajar IPA peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ekspositori pada tema indahnya kebersamaan kelas IV MI NU Miftahul Ulum diperoleh nilai rata-rata sebesar 7,35 dan termasuk dalam kelompok tinggi. 3) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA peserta didik yang megikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses dengan hasil belajar peserta didik yang megikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Keterampilan Proses; Hasil Belajar; Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:00
Last Modified: 29 Apr 2019 08:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2443

Actions (login required)

View Item View Item