IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN YANG HUMANIS UNTUK MENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS II(DUA) MADRASAH IBTIDAIYYAH NU SHOLAHIYAH PEDAWANG KUDUS TAHUN 2017/2018

NI’MAH, FACHNURIN (2018) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN YANG HUMANIS UNTUK MENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS II(DUA) MADRASAH IBTIDAIYYAH NU SHOLAHIYAH PEDAWANG KUDUS TAHUN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (680kB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (405kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (358kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (609kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (293kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (537kB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini diharapkan dapat sesuai dengan tujuan penulis, yang tujuannya antara lain adalah mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran yang humanis oleh Guru kelas II (dua) MI NU Sholahiyah Pedawang Kudus. Mengetahui peningkatan apa saja tentang kemandirian belajar siswa kelas II(dua) MI NU Sholahiyah Pedawang Kudus dan faktor pendukung dan penghambat dalam proses penerapannya. Manfaat Penelitian ditujukan kepada para guru di kelas rendah agar bisa meningkatkan kemandirian belajar secara aktif khususnya dengan cara penerapan metode pembelajaran yang humanis. Dan manfaat penelitian juga ditujukan untuk kepentingan ilmu pengetahuan agar dapat menyumbangkan wacana, yang semoga dapat bermanfaat untuk pendidikan di indonesia. Obyek penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran humanis oleh guru kelas 2 di MI NU Sholahiyyah Pedawang Kudus. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan menghasilkan penelitian bahwasanya dalam pelaksanaan metode pembelajaran yang humanis dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa di kelas 2 MI NU Sholahiyyah Kudus. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan penulis di kelas 2 MI NU Shoalhiyyah Pedawang Kudus bisa dijelaskan bahwa terjadi peningkatan kemandirian belajar di siswa kelas 2 dengan indikasinya adalah adanya inisiatif dan tanggung jawab dari peserta didik untuk proaktif mengelola proses kegiatan belajarnya. Murid juga memiliki kebebasan untuk berinisiatif, memilki rasa percaya diri, dan mampu mengambil keputusan selain itu juga dapat bertanggung jawab, dan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan. Metode pembelajaran yang humanis diterapkan ibu Septianti dengan mengedepankan prinsip memanusiakan manusia yang diajarkan di dalam Islam. Hal tersebut menjadikan ibu Septianti memberikan pendidikan kepada anak kelas 2 tidak saja hanya pada saat jam belajar di kelas. Tetapi ibu Septianti juga lebih sering memberikan pendidikan moril dan sikap kepada anak murid justru pada saat jam-jam di luar kelas seperti jam istirahat, jam solat berjamaah, dan jam-jam ekstra kurikuler lainnnya. Hal ini menjadikan ibu Septianti bisa diterima oleh murid dengan baik tanpa ada jarak yang terlalu besar antara murid dan guru. Sehingga ibu Septianti dalam hal pembelajaran lebih mudah untuk bisa mengkondisikan suasana murid dan akhirnya peningkatan kemandirian belajar siswapun tumbuh dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Metode Pembelajaran Humanis; Kemandirian
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Apr 2019 02:38
Last Modified: 30 Apr 2019 02:38
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2454

Actions (login required)

View Item View Item