MUDAIMAH, MUDAIMAH (2018) PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK MELALUI PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS IV MIN 05 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (306kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (541kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (852kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (4MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (510kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (400kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pengembangan pembentukan karakter dan bentuk dukungan yang diberikan komponen madrasah dalam upaya pengembangan pembentukan karakter melalui sastra di MIN 05 Demak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah kepala madrasah, pendidik, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi, metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pengembangan pembentukan karakter melalui pembelajaran sastra yang dilakukan dalam program pengembangan diri di MIN 05 Demak mengangkat nilai religius, jujur, disiplin, gemar membaca, peduli sosial dan tanggung jawab, dalam betuk budaya madrasah. Upaya pengembengan di dalam Tematik pembelajaran Bahasa Indonesia yang dicantumkan pada pengembangan RPP K-13 dan proses pembelajaran yang ditanamkan nilai-nilai karakter (nilai religius, jujur, disiplin, gemar membaca, peduli sosial dan tanggung jawab). Upaya pengembangan pembentukan karakter dalam budaya madrasah (nilai religius, jujur, disiplin, gemar membaca, peduli sosial dan tanggung jawab) dan upaya mengembangan pembentukan karakter melalui ekstrakurikuler (nilai religius, jujur, disiplin, peduli sosial dan tanggung jawab). Bentuk dukungan pendidik dalam pembentukan karakter adalah melalui keteladanan dan pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan oleh pendidik. Pembelajaran sastra sangat banyak sekali nilai-nilai karakter yang dapat diterapkan kepada peserta didik. Pembelajaran sastra anak dapat dimodifikasi agar menjadi menarik bagi sang pembaca maupun pendengerannya. Karena di dalam sastra anak banyak sekali cerita-cerita yang menarik dan dapat dikembangkan melalui bermain peran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan Karakter; Sastra Anak; Budaya Madrasah |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 03:13 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 03:13 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2461 |
Actions (login required)
View Item |