ASTUTI, TRI YULI (2017) ANALISIS STRATEGI PERSONAL SELLING DALAM PERKEMBANGAN JUMLAH TABUNGAN ANGGOTA DI BMT AL-FATH MANDIRI KARANGWOTAN PATI. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7MB) |
Abstract
Strategi personal selling merupakan komunikasi dengan menggunakan tatap muka. Penerapan personl selling diharapkan dapat memperkenalkan anggota lebih banyak tentang produk perusahaan dan manfaat yang ada pada produk simpanan maupun pembiayaan, sehingga akan meningkatkan perkembangan produk yang akan ditawarkan oleh perusahaan. Dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan adalah bagaimana analisis strategi personal selling dalam perkembangan jumlah tabungan anggota di BMT Al-Fath Mandiri Karangwotan Pati dari perspektif Philip Kotler. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research, pendekatan kualitatif, sumber data primer dan sekunder serta menggunakan metode pengambilan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dari informan terkait dengan permasalahan penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis induktif dengan instrument penelitian adalah penelitian sendiri. Penelitian ini menggunakan obyek penelitian di BMT Al-Fath Mandiri Karangwotan Pati. Dari hasil penelitian dihasilkan bahwa pertama, pelaksanaan personal selling di BMT Al-Fath Mandiri Karangwotan Pati dilakukan dengan cara persiapan sebelum menjalankan pemasaran produk tabungan yaitu melalui rapat dengan tim pemasaran, melakukan analisis data yang daerah memiliki potensi untuk dilakukan pemasaran produk tabungan, setelah itu pihak tim pemasaran melakukan gambaran tentang adanya potensi daerah yang nantinya digunakan untuk memasarkan produk tabungan agar jumlah anggota lebih bertambah atau banyak, setelah adanya pemasaran produk tabungan disitulah karyawan langsung memberikan pelayanan dengan ramah tamah dan sopan untuk menjalin kerjasama dengan calon anggota atau anggota. Kedua, strategi personal selling berpengaruh cukup baik terhadap perkembangan jumlah tabungan anggota di BMT Al-Fath Mandiri Karangwotan Pati, hal ini terlihat dari adanya perkembangan jumlah anggota setiap tahunnya, seperti tahun 2014 adalah sebanyak 280, tahun 2015 adalah sebanyak 321, dan sampai bulan desember 2016 adalah sebanyak lebih dari 345 anggota yang menabung. Ketiga, analisis strategi personal selling dalam perkembangan jumlah tabungan anggota di BMT Al-Fath Mandiri Karangwotan Pati dari perspektif Philip Kotler adalah termasuk bauran pemasaran (marketing mix). Sebab di dalam bauran pemasaran (marketing mix) ada kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni: produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi. Empat variabel tersebut masuk dalam strategi marketing mix, salah satu strategi marketing mix yang dijalankan oleh BMT Al-Fath Mandiri Karangwotan Pati adalah promosi yang didalamnya terdapat personal selling.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi; Personal Selling; Perkembagan Jumlah Tabungan; BMT. |
Subjects: | Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 May 2019 03:42 |
Last Modified: | 02 May 2019 03:42 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2482 |
Actions (login required)
View Item |