ALI, MUHAMMAD KHAIDAR (2018) PENERAPAN TEKNIK JOURNALING TERHADAP PENINGKATAN AKTUALISASI DIRI SISWA DALAM MATERI QUR’AN HADITS KELAS XI DI MA NURUL ULUM WELAHAN JEPARA TAHUN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (492kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (292kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (262kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (354kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (425kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (569kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (198kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (190kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktualisasi diri siswa di MA Nurul Ulum Welahan Jepara tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan teknik Journaling pada materi Qur’an Hadits kelas XI. bahwa setiap orang memiliki keinginan yang kuat untuk merealisasikan potensi potensi dalam dirinya, untuk mencapai tingkatan aktualisasi diri. Salah satu untuk pengaktualisasikan diri dengan pencurahan ekspresi bisa dirancang dalam catatan harian atau teknik journaling. Teknik Journaling adalah tehnik menulis jurnal (catatan harian) yang bertujuan memungkinkan anak untuk mengungkapkan dan mengeksternalisasikan pikiran, perasaan, dan kebutuhannya, ekspresi-ekspresi yang biasanya disimpan untuk ranah internal pribadi. Mata pelajaran dalam penelitian ini menggunakan mata pelajaran al-Qur’an-Hadis di Madrasah Aliyah yang menjadi salah satu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang merupakan peningkatan dari al-Qur’an-Hadis yang telah dipelajari oleh peserta didik di MTs Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif eksperimen dengan jenis One Group pre-test post-test. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di MA Nurul Ulum Welahan Jepara, sumber data dari siswa dan guru teknik pengumpulan data dengan angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukan peningkatan, yaitu sebelum melakukan penelitian menunjukan (pre-tets) dikategorikan baik. Yaitu, berdasarkan nilai rata-rata angket 60,5 yang masuk dalam interval (55-64). Dan rata-rata nilai sesudah penerapan teknik Journaling (Post-test) dikategorikan baik, yaitu nilai rata-rata angket mencapai 81,25 yang masuk dalam interval (81-85). Kemudian berdasarkan hasil hitung t-test melalui hasil tes sebelum dan sesudah penerapan teknik journaling diperoleh angka 6,695. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ada peningkatan aktualisasi diri siswa dalam materi Qur’an Hadits kelas XI di MA Nurul Ulum Welahan Jepara sebelum dan sesudah menggunakan teknik journaling dengan perbandingan thitung lebih besar dari ttabel (6,695 > 2,02 )
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Journaling; Aktualisasi diri; dan Qur’an Hadits |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 May 2019 02:31 |
Last Modified: | 08 May 2019 02:31 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2526 |
Actions (login required)
View Item |