Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Jual Beli Di MA Unggulan Al-Hikmah Pasir Mijen Demak Tahun Pelajaran 2017/2018

Windiati, Ayun Adi (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Jual Beli Di MA Unggulan Al-Hikmah Pasir Mijen Demak Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (565kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (267kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (324kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (884kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (264kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (203kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)

Abstract

Model pembelajaran merupakan kerangka dasar pembelajaran yang dapat diisi oleh beragam muatan mata pelajaran sesuai dengan karakteristik kerangka dasarnya. Model pembelajaran Project Based learning merupakan pembelajaran inovatif yang berpusat pada siswa dan menempatkan guru sebagai motivator dan fasilitator, dimana siswa diberi peluang bekerja secara otonom mengkontruk belajarnya. Sedangkan Kreativitas belajar adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dibentuk dengan pembelajaran yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran Fiqih materi jual beli di MA Unggulan Al-Hikmah Pasir Mijen Demak tahun pelajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis field research, yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket), dokumentasi dan wawancara pra penelitian dengan mengambil lokasi di MA Unggulan Al- Hikmah Pasir Mijen Demak. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning di MA Unggulan Al-Hikmah Pasir Mijen Demak tahun pelajaran 2017/2018 menunjukkan nilai mean 68, 37 apabila diterapkan dalam interval nilai, terdapat antara interval (67-78) dengan kategori baik. Kemudian Kreativitas siswa pada mata pelajaran Fiqih materi jual beli di MA Unggulan Al-Hikmah Pasir Mijen Demak tahun pelajaran 2017/2018 menunjukkan nilai mean 107,12. Apabila dalam interval nilai terdapat antara interval (105,5-118) dengan kategori baik. Sedangkan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran Fiqih materi jual beli di MA Unggulan Al-Hikmah Pasir Mijen Demak tahun pelajaran 2017/2018 memiliki nilai sebesar (R2) 81% sedangkan sisanya 100% - 81% = 19% adalah pengaruh dari variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti. Sehingga hipotesa yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Model Pembelajaran Project Based Learning (variabel X) dengan kreativitas siswa (variabel Y) pada mata pelajaran Fiqih materi jual beli di MA Unggulan Al-Hikmah Pasir Mijen Demak tahun pelajaran 2017/2018 dapat diterima karena memiliki koefisien korelasi (rhitung) sebesar 0,90. Nilai koefisien korelasi tersebut jika dibandingkan dengan rtabel pada taraf signifikansi 5% (0,308) dan taraf signifikansi 1% (0,398) memiliki nilai yang lebih besar dan termasuk dalam kategori (0,80-1,00) yang artinya memiliki korelasi sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Project Based Learning; Kreativitas Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 May 2019 06:30
Last Modified: 16 May 2019 06:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2565

Actions (login required)

View Item View Item