Analisis Penerapan Supervisi Pendidikan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Agama Di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017.

Mulyono, Mohammad (2017) Analisis Penerapan Supervisi Pendidikan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Agama Di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
cover, bab i-bab v.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) supervisi pendidikan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru agama di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus tahun peljaran 2016/2017.;2) peningkatan kompetensi pedagogik guru agama di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017.; 3) penerapan supervisi pendidikan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru agama di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, (interview) dan dokumentasi terhadap intansi pendidikan yang terkait yaitu MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus. Sumber data diperoleh dari kepala madrasah, guru, dan peserta didik. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Supervisi pendidikan kepala madrasah di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Menurut peneliti dapat dikategorikan cukup baik dan sudah sesuai dengan prosedur supervisi pendidikan, diantaranya dapat dilihat dari jadwal pelaksanaan supervisi, dan teknik yang dipakai adalah supervisi kunjungan kelas yang dilakukan oleh kepala madrasah kepada guru agama, serta instrumen pengumpulan data yang dipakai yaitu berupa daftar penilaian supervisi dan lain sebagainya. Hanya saja terdapat kendala bagi kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi yang terkadang waktu pelaksanaannya tidak sesuai dengan jadwal pelaksanaan supervisi yang sudah direncanakan.;2) Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Agama di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus tahun pelajaran 2016/2017. Menurut peneliti dikategorikan baik dan signifikan, karena dengan adanya supervisi pendidikan kepada guru agama mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru agama. Peningkatan kompetensi pedagogik guru agama dapat dilihat dari beberapa pencapaian yang tampak dari guru agama, guru agama merasa termotivasi untuk meningkatkan kompetensinya dalam mengelola pembelajaran, guru agama juga menyadari tugasnya sebagai profesi keguruan untuk melengkapi administrasi sebelum proses pembelajaran.; 3) Penerapan Supervisi Pendidikan kepala madrasah dalam Meningkatkan kompetensi pedagogik guru agama di MA NU Hasyim Asy’ari 2 Kudus tahun Pelajaran 2016/2017. Menurut peneliti dapat dikategorikan baik, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan kualitas mengajar guru agama setelah mendapatkan pengarahan dan pembinaan dari kepala madrasah , dan juga dapat dibuktikan dengan nilai KKM yang diperoleh peserta didik sudah efektif pada mata pelajaran agama, yaitu: Fiqih, SKI, Alqur’an Hadits dan Aqidah Ahlaq.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Pendidikan dan Kompetensi Pedagogik.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 May 2019 06:58
Last Modified: 17 May 2019 06:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2570

Actions (login required)

View Item View Item