KONSEP PENDIDIKAN AQIDAH PERSPEKTIF ABDURRAHMAN ANNAHLAWI DALAM KITAB USHULU AT-TARBIYAH AL-ISLAMIYAH WA ASALIBUHA FI AL-BAITI WA AL-MADRASATI WA AL- MUJTAMA’I

MUCHAYANI, ANISATUL (2017) KONSEP PENDIDIKAN AQIDAH PERSPEKTIF ABDURRAHMAN ANNAHLAWI DALAM KITAB USHULU AT-TARBIYAH AL-ISLAMIYAH WA ASALIBUHA FI AL-BAITI WA AL-MADRASATI WA AL- MUJTAMA’I. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (968kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (945kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. konsep pendidikan Aqidah perspektif Abdurrahman An-Nahlawi dalam kitab Ushulu At-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Asalibuha Fi Al-Baiti Wa Al-Madrasati Wa Al- Mujtama’i, 2. Relevansi konsep pendidikan Aqidah perspektif Abdurrahman An-Nahlawi dalam kitab Ushulu At-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Asalibuha Fi Al-Baiti Wa Al-Madrasati Wa Al- Mujtama’i dengan konteks pendidikan Aqidah masa kini. Penelitian ini merupakan studi kepustakaan (Library Research) dengan menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu dari keseluruhan data yang terkumpul kemudian dianalisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode Hermeneutik dan Content Analysis. Penerapan metode Hermeneutik yaitu pertama-tama penulis menyajikan apa adanya teks tersebut, kemudian menguraikan data-data terkait biografi pengarangnya, baik beberapa buah karyanya, backgroundnya, maupun konteks sosial saat teks tersebut lahir. Selanjutnya setelah melewati proses Content Analysis untuk menelaah isi pesan yang ada dalam kitab Ushulu At-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Asalibuha Fi Al-Baiti Wa Al-Madrasati Wa Al- Mujtama’i. Dalam kondisi ini Hermeneutik memerankan dirinya sebagai sebuah metode yang menafsirkan atau menginterpretasikan. Kemudian metode Content analysis akan mengungkapkan isi kitab Ushulu At-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Asalibuha Fi Al-Baiti Wa Al-Madrasati Wa Al- Mujtama’i. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan aqidah perspektif Abdurrahman An-Nahlawi dalam kitab Ushulu At-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Asalibuha Fi Al-Baiti Wa Al-Madrasati Wa Al- Mujtama’i adalah mengembangkan pikiran manusia dan mengatur tingkah laku serta perasaan mereka berdasarkan islam yang dalam proses akhirnya bertujuan untuk merealisasikan ketaatan dan penghambaan kepada Allah didalam kehidupan manusia, baik individu maupun masyarakat. Dan konsep pendidikan aqidah yang digagas Abdurrahman An-Nahlawi jauh berbeda dengan konteks pendidikan aqidah masa kini karena tidak memenuhi criteria pendidikan yang dirumuskan oleh para ahli pendidikan Barat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan Aqidah; Abdurrahman An-Nahlawi; Kitab Ushulu At-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Asalibuha Fi Al-Baiti Wa Al-Madrasati Wa Al- Mujtama’i
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 May 2019 07:03
Last Modified: 20 May 2019 07:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2585

Actions (login required)

View Item View Item