ETIKA BISNIS PENGUSAHA MUSLIM DALAM MENGHADAPI PELANGGAN (STUDI KASUS DI ZOYA OUTLET KUDUS)

ERNAWATI, YUYUN (2017) ETIKA BISNIS PENGUSAHA MUSLIM DALAM MENGHADAPI PELANGGAN (STUDI KASUS DI ZOYA OUTLET KUDUS). Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep etika bisnis pengusaha muslim di Zoya Outlet Kudus, dan untuk mengetahui implementasi etika bisnis pengusaha muslim dalam menghadapi pelanggan di Zoya Outlet Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dan transferability. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun lokasi penelitian di Zoya Outlet Kudus. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Zoya Outlet Kudus dalam menjalankan usahanya menerapkan konsep etika bisnis Islam yaitu shidiq yang mana Zoya dalam bertransaksi memberikan infromasi yang jelas dan lengkap secara transparan tentang produknya mulai dari kualitas, kegunaan dan harga. Fathanah, Zoya selalu menciptakan inovasi-inovasi terbaru serta bergaya modis dan desain gaya yang ringan, penuh warna. Amanah, meneliti barang terlebih dahulu sebelum memasarkannya, selain itu juga memberikan garansi terhadap kerusakan barang. Tabligh, mengkomunikasikan produk-produk yang dimilikinya secara tepat dan mudah dipahami oleh siapapun, serta mengajak untuk selalu berpakain sesuai dengan ajaran ajaran Islam. Dengan adanya implementasi etika bisnis pengusaha muslim dalam menghadapi pelanggan, Zoya Outlet Kudus memberikan pelayanan yang baik, Zoya selalu mengoptimalkan perubahan dan peningkatan pada mutu pelayanan yang ditunjukan dengan pelayanan yang cepat. Menjaga kualitas produk, menggunakan bahan yang baik dan bermutu tinggi ini terbukti bahan yang digunakan sudah dipatenkan dan ada sertifikat MOU yang artinya hanya satu perusahaan yang membuat bahan itu dan hanya Zoya saja yang menggunakannya. Memberikan potongan harga, memberikan diskon untuk member dan agent serta diskon all item saat event. Mengadakan pendekatan terhadap pelanggan, melakukan pendekatan terhadap pelanggan melalui silaturrahim agar dapat menjalin komunikasi yang baik. Dalam hal tersebut dapat terlihat pada harga, produk dan perjanjian usahanya tersebut berharap bisnis yang dijalankan dapat berkembang pesat, meningkatkan keuntungan serta menciptakan pelanggan setia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Etika Bisnis Islam; Pengusaha Muslim, Cara Menghadapi Pelanggan
Subjects: Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis
Bisnis
Divisions: Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2019 01:49
Last Modified: 21 May 2019 01:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2587

Actions (login required)

View Item View Item