ETIKA PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT KH. AHMAD CHOLIL “Studi Analisis Kitab Risalatu al-Adab”

ILYAS, MUHAMMAD (2017) ETIKA PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM MENURUT KH. AHMAD CHOLIL “Studi Analisis Kitab Risalatu al-Adab”. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Allah menciptakan manusia di muka bumi ini sebagai khalifah. Manusia bukan saja diberi kepercayaan untuk menjaga, memelihara dan memakmurkan alam ini, tetapi juga dituntut untuk berlaku adil dalam segala urusannya. Dengan kata lain, manusia harus selalu menjaga perilakunya, baik dalam hubungannya dengan Allah, sesama manusia maupun alam di sekitarnya. Terbentuknya akhlak dan etika mulia inilah seharusnya yang menjadi tujuan pendidikan. Namun, yang terjadi sekarang justru sebaliknya, adanya krisis pendidikan dan kurangnya perhatian terhadap eksistensi moral dan etika dalam dunia pendidikan. Aspek Etika dalam dunia pendidikan Islam sebenarnya bukan menjadi hal yang asing, karena telah banyak dikemukakan baik oleh pakar klasik maupun modern seperti Al-Ghazali, Ibnu Maskawaih, Syaikh al-Zarnuji, Prof. Dr. Ahmad Amin, KH. Hasyim Asy’ari, KH. Bisri Mustofa, KH. Ahmad Cholil dan lain sebagainya. Atas dasar inilah penulis tertarik untuk mengungkap kembali pemikiran KH. Ahmad Cholil dalam bidang etika pendidikan Islam, khususnya etika peserta didik. Seorang peserta didik dalam menuntut ilmu harus memperhatikan etika-etika yang seharusnya dilakukan selama proses belajar Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data berasal dari sumber primer yaitu kitab Risalatu al-Adab karya KH. Ahmad Cholil dan berasal dari sumber skunder yaitu buku-buku pendukung yang digunakan penulis sebagai data tambahan seperti kitab Ta’limul Muta’allim, kitab Adab Al-Alim Wa Al-Muta’allim dan kitab-kitab lainnya. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis konten dan metode Deskriptif Interpretatif Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kitab Risalatu al-Adab seorang peserta didik harus memiliki beberapa etika baik terhadap gurunya, diri sendiri, dan saudara teman sesama Islam. Hubungan etika peserta didik dalam kitab Risalatu al-Adab sangat relevan jika diterapkan dengan pendidikan saat ini baik tujuan, materi maupun metode yang digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etika, Peserta Didik, Pendidikan Islam, Kitab Risalatu al-Adab
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 May 2019 03:14
Last Modified: 22 May 2019 03:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2606

Actions (login required)

View Item View Item