ETIKA DALAM BELAJAR MENURUT BAKR BIN ABDULLAH ABU ZAID DALAM KITAB KHILYAH THOLIBIL ILMI

ALFIANSYAH, FAIS (2017) ETIKA DALAM BELAJAR MENURUT BAKR BIN ABDULLAH ABU ZAID DALAM KITAB KHILYAH THOLIBIL ILMI. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang etika belajar menurut Bakr bin Abdullah Abu Zaid dalam kitab Khilyah Tholibil Ilmi. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya peran etika sebagai pokok awal pondasi dalam pendidikan, khususnya pendidikan Islam. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana etika belajar menurut Bakr bin Abdullah Abu Zaid dalam kitab Khilyah Tholibil Ilmi?. Penelitian ini melalui metode Library Research (Kajian Pustaka) yaitu kegiatan penelitian yang bersumber pada buku-buku literatur. Dalam skripsi ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang tidak menggunakan perhitungan. Sumber data penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode deduktif, induktif dan reflekstif untuk menganalisa data-data yang ada. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode hermeneutic dalam menganalisa data. Pada penelitian ini penulis mengambil rumusan masalah : (1) Bagaimana Etika dalam belajar menurut pemikiran Bakr bin Abdullah Abu Zaid dalam kitab Khilyah Tholibil Ilmi? (2) Bagaimana relevansi etika dalam belajar menurut Bakr bin Abdullah Abu Zaid dalam kitab Khilyah Tholibil Ilmi dengan pendidikan Islam di Indonesia? Hasil dari penelitian penulis dalam skripsi ini secara keseluruhan terbagi dalam 2 bagian : (1) Kitab Khilyah Tholibil Ilmi sebagai obyek utama dalam penelitian ini berorientasi tentang pendidikan etika secara Islami. Adapun pembahasa etika di dalam kitab tersebut adalah: a) Etika pada diri sendiri b) Etika terhadap Guru c) Etika dalam bersahabat d) Etika dalam berkehidupan ilmiah. (2) Nilai-nilai pendidikan etika dalam belajar yang tercantum dalam kitab Khilyah Tholibil Ilmi dalam penelitian kali ini masih sangat relevan jika digunakan di masa sekarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etika belajar menurut Bakr bin Abdullah Abu Zaid dalam kitab Khilyah Tholibil Ilmi
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 May 2019 02:39
Last Modified: 27 May 2019 02:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2632

Actions (login required)

View Item View Item