SYAID, NUR (2017) STUDI ANALISIS PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT AS-SYAIKH MUHAMMAD SHOLEH BIN UMAR AS-SAMARANI (KH. SHOLEH DARAT) DALAM KITAB MUNJIYAT. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.
Text
1.COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (3MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kitab “Munjiyat” karya KH. Sholeh Darat merupakan kitab yang membahas seputar akhlak. Akhlak terpuji dan akhlak tercela yang terdapat dalam kitab munjiyat merupakan sesuatu yang perlu dikaji lebih dalam, karena didalamnya menjelaskan tentang pendidikan akhlak. Masalah yang dikaji pada skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana konsep pendidikan akhlak (taubat, sabar, dan syukur) dalam upaya memngembangkan pendidikan akhlak menurut KH. Sholeh Darat dalm kitab Munjiyat?, 2) Apa saja kelebihan dan kekurangan pendidikan akhlak (taubat, sabar, dan syukur) menurut KH. Sholeh Darat dalam kitab Munjiyat?, 3) Bagaimana konsep pendidikan akhlak yang ideal dalam upaya mengembangkan akhlak yang mulia? Tujuan penulisan skripsi ini adalah: 1) Mengetahui konsep pendidikan akhlak (taubat, sabar, dan syukur) dalam upaya memngembangkan pendidikan akhlak menurut KH. Sholeh Darat dalm kitab Munjiyat. 2) Mengetahui kelebihan dan kekurangan pendidikan akhlak (taubat, sabar, dan syukur) menurut KH. Sholeh Darat dalam kitab Munjiyat. 3) Mengetahui konsep pendidikan akhlak yang ideal dalam upaya mengembangkan akhlak yang mulia. Teknik pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan metode dokumentasi yaitu dengan cara menggali dari bahan-bahan yang berkaitan dengan permasalahan penelitian ini. Sumber data utama yaitu, kitab “Munjiyat” karya KH. Sholeh Darat, dilengkapi dengan data penunjang dari kitab atu buku dari tokoh lain yang masih relevan dengan materi pendidikan akhlak. Hasil penenilitian yang diperoleh bahwa taubat adalah: meninggalkan semua perbuatan dosa, dan menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan, serta hatinya berniat untuk tidak sekali-kali mengulangi perbuatan maksiyat yang telah dilakukan. Sabar adalah: menahan diri dari dorongan hawa nafsu demi menggapai ridla Tuhan. Syukur adalah: mengakui dengan tulus bahwa anugrah yang diperoleh semata-mata bersumber dari Allah sambil menggunakannya sesuai tujuan penganugrahannya atau menempatkannya pada tempat semestinya. Kelebihan pendidikan akhlak dalam kitab Munjiyat karya KH. Sholeh Darat diantaranya yaitu: ada istilah muqaddimah taubat, alamat menyesali kesalahan. Sedangkan kekurangnya diantaranya yaitu, terlalu sedikit dalil atau dasar yang disampaikan,,. Konsep pendidikan akhlak yang ideal dalam upaya mengembangkan akhlak mulia yaitu: selalu merasa dilihat Allah, menghormati sesama manusia, menjaga kelestarian lingkungan (alam).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak; Akhlak Terpuji; Kitab Munjiyat |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 May 2019 03:20 |
Last Modified: | 27 May 2019 03:20 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2637 |
Actions (login required)
View Item |