IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECTED READING ACTIVITY (DRA) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTS MANBAUL ULUM PANCUR REMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

RAHMNINGSIH, FERDINA YUNI (2016) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN DIRECTED READING ACTIVITY (DRA) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTS MANBAUL ULUM PANCUR REMBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1.cover.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. abbstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. daftr isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. bab I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. bab II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6. bab III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. bab IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. daftar pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Implementasi Strategi Pembelajaran Directed Reading Activity (DRA) Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di MTs Manbaul Ulum Pancur Rembang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Kudus: Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus, 2016. Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) untuk mengetahui implementasi strategi pembelajaran Directed Reading Activity (DRA), 2) untuk mengetahui pemahaman dalam implementasi strategi pembelajaran Directed Reading Activity (DRA), 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi strategi pembelajaran Directed Reading Activity (DRA) dalam meningkatkan pemahaman siswa. Penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research yaitu peneliti terjun langsung ke tempat terjadinya gejala-gejala yang akan diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian ini berlangsung mulai tanggal 12 Agustus 2016 sampai tanggal 12 September 2016. Adapun alasan dalam pemilihan lokasi yang bertempat di MTs Manbaul Ulum Pancur Rembang adalah karena peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi strategi pembelajaran Directed Reading Activity (DRA) dalam meningkatkan pemahaman siswa di MTs Manbaul Ulum Pancur Rembang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah kebudayaan islam menggunakan strategi Directed Reading Activity dengan tema sejarah Nabi Muhammad SAW sudah dapat dikatakan berhasil, yaitu pembelajarannya dapat berjalan sesuai yang diharapkan, dan hasilnya siswa mampu mencapai nilai kkm yang telah ditetapkan. Pemahaman siswa dalam implementasi Directed Reading Activity yaitu pemahaman siswa dapat dikatakan meningkat, karena siswa dalam memahami pelajaran dengan tema sejarah Nabi Muhammad pada waktu perang Uhud siswa sudah mampu untuk menceritakan kembali dan hasilnya perang dimenangkan kaum muslimin bukan karena jumlah pasukan perang tapi berkat pertolongan dari Allah SWT guru menggunakan beberapa tes yaitu ter uraian dan tes obyektif. Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat yaitu adanya sarana dan prasarana yang mendukung sehingga menunjang proses pembelajaran, adanya lingkungan madrasah dan masyarakat yang mendukung,dan adanya program yang terarah. Sedangkan faktor penghambat dalam proses pembelajaran Directed Reading Activity berasal dari karakteristik siswa yang berbeda-beda, alokasi waktu yang terbatas dan media pembelajaran. Kata kunci: Strategi Directed Reading Activity, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, Pemahaman Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Directed Reading Activity; Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam; Pemahaman Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Dec 2016 03:05
Last Modified: 22 Dec 2016 03:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item