BAIDHOH, ULIN NI’MAH (2018) PENERAPAN METODE DISKUSI TIPE WHOLE GROUP DISCUSSION PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS RAUDLATUT THOLIBIN PAKIS TAYU PATI TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (207kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (493kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (695kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (337kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (834kB) |
|
Text
8. BAB V .pdf Download (194kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
Abstract
Dalam rangka pencapaian tujuan pembelajaran, setiap guru dituntut untuk benar-benar memahami metode pembelajaran yang akan diterapkannya. Sehubungan dengan hal tersebut, seorang guru perlu memikirkan metode dan pendekatan yang akan digunakannya. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat, yaitu dengan situasi dan kondisi yang dihadapi akan berdampak pada tingkat penguasaan atau prestasi peserta didik yang dihadapi. Tujuan penelitian ini terdapat tiga hal yaitu pertama: untuk mengetahui alasan diterapkan diterapkannya metode diskusi tipe whole group discussion pada mata pelajaran akidah akhlak Di Mts Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Kedua, untuk mengetahui proses diterapkannya metode diskusi tipe whole group discussion pada mata pelajaran akidah akhlak Di Mts Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Ketiga, untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan metode diskusi tipe whole group discussion pada mata pelajaran akidah akhlak Di Mts Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama alasan guru menggunakan metode diskusi tipe whole group discussion pada mata pelajaran Akidah Akhlak yaitu adanya kebijakan dari Kepala Madrasah yang memberi kebebasan dalam memilih pendekatan, metode maupun strategi pembelajaran. Kebijakan Kepala Madrasah tersebut merupakan hasil dari rapat guru yang dilaksanakan di MTsRaudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati, dengan pertimbangan merujuk pada visi, misi, dan tujuan MTs Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati, Penerapan metode diskusi tipe whole group discussion memudahkan guru dalam memberikan pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan, Sarana dan prasarana yang memadai. Sarana dan prasarana didalam maupun diluar kelas yang cukup memadai, cukup layak dan mendukung urntuk melakukan kegiatan belajar belajar. Kedua, penerapan metode diskusi tipe whole group discussion pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Raudlatut Tholibin Pakis Tayu Pati diawali dengan perencanaan pembelajaran (pembuatan silabus, prota, promes, dan RPP), pelaksanaannya menggunakan strategi pembelajaran kooperatif, evaluasi mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ketiga, hasil penerapan metode diskusi tipe whole group discussion pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa menjadi lebih aktif, ikut berpastisipasi aktif di dalam kelas, seperti mengajukan pertanyaan dan berpendapat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan; Metode diskusi tipe whole group discussion; Mata Pelajaran Akidah Akhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 19 Jun 2019 06:49 |
Last Modified: | 19 Jun 2019 06:49 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2653 |
Actions (login required)
View Item |