Implementasi Metode Turki dalam Menghafal al-Qur’an Studi Kasus di pondok Pesantren Yasin Sunggingan Kudus

Ubudiyah, Khaufah (2017) Implementasi Metode Turki dalam Menghafal al-Qur’an Studi Kasus di pondok Pesantren Yasin Sunggingan Kudus. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (449kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (418kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (686kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (962kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (563kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (492kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: 1) untuk mengetahui bagaimana implementasi metode turki dalam menghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Yasin Sunggingan Kudus, 2) untuk mengetahui hasil perkembangan hafalan dengan menggunakan metode turki di Pondok pesantren Yasin Sunggingan Kudus, 3) untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan menghafal al-Qur’an dengan metode turki di Pondok Pesantren Yasin Sunggingan Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sesuai dengan obyek kajian, maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Disini peneliti mengambil lokasi di Pondok Pesantren Yasin Sunggingan Kudus. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) implementasi metode turki yaitu menghafal ayat-ayat al-Qur’an dengan acak tetapi sistematis. Dihari pertama santri menghafal halaman pertama juz 1 kemudian dihari kedua mengahafal halaman pertama juz dua hari ketiga mengahafl halaman pertama juz tiga, begitu seterusnya. 2) hasil perkembangan hafalan dengan menggunakan metode turki yakni para santri menunjukkan progresnya dalam jumlah hafalan yang dibuat. Biasanya satu juz tidak bisa terselesaikan dalam waktu satu bulan tetapi dengan penggunaan metode ini santri dapat menyelesaikan hafalan satu juz rata-rata dalam waktu satu bulan. 3) untuk faktor yang mempengaruhi keberhasilan santri dalam menghafal al-Qur’an dengan menggunakan metode turki adalah karena sifat metode ini yang acak dan sistematis sehingga tidak menimbulkan kejenuhan bagi santri dalam menghafal. Disertai motivasi dari seorang ustadzah kepada para santrinya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Turki; Menghafal al-Qur’an
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jun 2019 01:14
Last Modified: 25 Jun 2019 01:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2673

Actions (login required)

View Item View Item