Studi Eksperimen Penggunaan Media Macromedia Flash 8 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Membaca Aksara Jawa Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V MI NU Al Khurriyah 03 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018

Zharfa, Mustafid (2018) Studi Eksperimen Penggunaan Media Macromedia Flash 8 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Membaca Aksara Jawa Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V MI NU Al Khurriyah 03 Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (821kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (403kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penggunaan media Macromedia Flash 8 pada mata pelajaran bahasa Jawa di MI NU Al Khurriyah 03 Gebog Kudus Tahun 2017/2018. (2) Untuk mengetahui pengaruh media Macromedia Flash 8 terhadap hasil belajar pokok bahasan membaca aksara jawa mata pelajaran bahasa Jawa di MI NU Al Khurriyah 03 Gebog Kudus Tahun 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Eksperimen yang termasuk dalam bentuk penelitian Preexperimental Design. Jenis penelitian ini digunakan karena keterbatasan subjek yang akan diteliti. One-group pre-test-post-test design, yaitu satu kelompok eksperimen diukur variabel dependennya (pre-test), kemudian diberikan stimulus, dan diukur kembali variabel dependennya (post-test), tanpa ada kelompok pembanding. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data mengunakan rumus Paired Sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media Macromedia Flash 8 di MI NU Al Khurriyah 03 Gebog Kudus yaitu, peserta didik dapat menjadi fokus dalam pembelajaran bahasa Jawa pokok bahasan Aksara Jawa serta peserta didik lebih mudah untuk menghafal kata demi kata dalam aksara Jawa karena media Macromedia Flash 8 memiliki sistem yang interaktif memadukan audio dan visual menjadi hal yang menarik dan baru buat peserta didik. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan media Macromedia Flash 8 (sebagaimana dalam output SPSS 18.0 pada uji t test paired sampel) diketahui Sig. adalah 0,00 dan ini < 0,05, maka media Macromedia Flash 8 (X) berpengaruh dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Jawa (Y). Nilai Pretest masuk kedalam interval <70 yang berarti “kurang” lebih tepatnya mendapat nilai rata-rata 65, sedangkan nilai posttest masuk kedalam interval 80-89 yang berarti “tinggi” lebih tepatnya mendapat nilai rata-rata 83. Dilihat dari nilai pretest (sebelum menggunakan media Macromedia Flash 8) dan posttest (setelah menggunakan media Macromedia Flash 8) terdapat selisih 18%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Macromedia Flash 8; aksara Jawa; hasil belajar siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jun 2019 03:26
Last Modified: 26 Jun 2019 03:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2689

Actions (login required)

View Item View Item