PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DI SMP NU PUTRI NAWA KARTIKA KUDUS

IMANA, ASBITLANA (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIMUL MUTA’ALLIM DI SMP NU PUTRI NAWA KARTIKA KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (207kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (487kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (705kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (434kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (249kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)

Abstract

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena dalam penelitian ini tidak mengadakan perhitungan, penelitian yang alamiah, dan interaksi simbolik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan Perpanjangan pengamatan, Triangulasi, Meningkatkan ketekunan, Analisis Kasus Negatif, Menggunakan bahan referensi dan Mengadakan Member Check. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi data, Penyajian Data dan Vertifikasi Data. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus (2) Bagaimana upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus (3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus (2) Mengetahui upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus (3) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus. Hasil penelitian menunjukkan Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus adalah proses pembelajaran Ta’limul Muta’allim sebagai proses penyampaian pengetahuan secara umum, sesuai dengan perannya yang sangat penting itu guru mempunyai tugas-tugas pokok dalam mengolah, merencanakan, mengevaluasi dan membimbing kegiatan belajar-mengajar dengan sebaik-baiknya disamping memahami siswa dengan segala karateristik, mengetahui tujuan apa yang harus dicapai setelah adanya proses pembelajaran sehingga terjadi proses pengalaman yang baik. Kemudian untuk Upaya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus yang diterapkan adalah melalui metode langsung dan tidak langsung, melalui kegiatan-kegiatan diluar mata pelajaran yaitu melalui pembisaan-pembiasaan seperti pengajian bulanan, melalui nasihat-nasihat dan memberi perhatian, melalui metode keteladan (uswah hasanah). Faktor penghambat dan faktor pendukung dalam pembelajaran Ta’limul Muta’allim. Faktor penghambatnya, diantaranya yaitu Pertama, latar belakang peserta didik dalam hal pengetauhan keagamaan, terlebih lagi dalam pembelajaran kitab yang mengandung unsur salaf, Kedua, Alokasi waktu untuk proses penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim ini masih dirasa belum mencukupi, Ketiga, Tidak benar-benar fokus dalam pembelajaran, ada peserta didik yang tidak membawa kitab dan biasanya guru harus mencatat terlebih dahulu baru kemudian menjelaskan, Keempat, Pengaruh dari media sosial, seperti : whatsapp, facebook, twiter, line, BBM dsb, Kelima, Mood (Suasana Hati), Mood biasanya memiliki nilai kualitas positif atau negatif. Sedangkan faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim ini adalah fasilitas sarana prasarana yang disediakan oleh sekolah memadai serta keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Karakter; Ta’limul Muta’allim
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jun 2019 03:46
Last Modified: 26 Jun 2019 03:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2692

Actions (login required)

View Item View Item