Pengaruh Penggunaan Media Wayang Kartun Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI DI MI Darun Najah Ngemplak Kidul Pati Tahun Ajaran 2017-2018

Utami, Dwi Budi (2018) Pengaruh Penggunaan Media Wayang Kartun Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI DI MI Darun Najah Ngemplak Kidul Pati Tahun Ajaran 2017-2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (287kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (238kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (679kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (555kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (721kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran wayang kartun pada mata pelajaran SKI di Darun Najah Ngemplak Kidul Pati, mengetahui kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran SKI di Darun Najah Ngemplak Kidul Pati, mengetahui ada dan tidaknya pengaruh media wayang kartun terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran SKI di Darun Najah Ngemplak Kidul Pati. Jenis penelitian ini bersifat field research (penelitian lapangan) yaitu penyelidikan atau penelitian dimana peneliti langsung terjun ke lokasi untuk mencari bahan-bahan yang mendekati realitas kondisi yang diteliti. Data yang akan diteliti dengan kuantitatif adalah data tentang Media Wayang Kartun dan Hasil Belajar Kognitif peserta didik dalam pembelajaran SKI kelas III. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas III A sebanyak 22 dan kelas III B sebanyak 20 peserta didik. Jadi jumlah keseluruhan 42 peserta didik kemudian diambil sampel sebesar 40dengan menggunakan tehnik simple random sampling. Dalam analisis ini penelitian menggunakan analisis statistik yaitu mengadakan perhitungan nilai angka tentang Pengaruh Penggunaan Media Wayang Kartun Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI DI MI Darun Najah Ngemplak Kidul Pati dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan penggunaan media wayang kartun pada pembelajaran SKI kelas III di MI Darun Najah Ngemplak Kidul Pati Tahun Pelajaran 2017-2018 dalam kategori sangat baik, adalah dengan rata-rata 74,68 . 2) Hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas III di MI Darun Najah Ngemplak Kidul Pati dalam kategori sangat tinggi adalah dengan rata-rata 32,45. 3) Penggunaan media wayang kartun berpengaruh cukup signifikan dalam meningkatkan hasil belajar kognitif SKI dengan persamaan regresi Ŷ= 12,341+ 0,269X di MI Darun Najah Ngemplak Kidul Pati. Penggunaan media wayang kartun ini memiliki hubungan yang positif dan cukup signifikan sebesar 0,443 yang termasuk dalam kategori sedang dan dapat memberikan kontribusi bagi peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif SKI sebesar 19,66%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Wayang Kartun; Hasil Belajar Kognitif; SKI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Jun 2019 01:23
Last Modified: 27 Jun 2019 01:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2705

Actions (login required)

View Item View Item