Asrofah, Fitriyatul (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW (Think Talk Write) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Fikih di MTs NU Koiriyyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (641kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (491kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (410kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (732kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (955kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (515kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (350kB) |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) merupakan salah satu strategi pembelajaran berbasis kelompok yang dimulai dari kegiatan berpikir melalui bahan bacaan (menyimak, mengkritisi dan memberikan alternatif solusi), kemudian hasil bacaan tersebut dikomunikasikan melalui persentasi dan diskusi untuk selanjutnya membuat laporan hasil presentasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII mata pelajaran fikih di MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus (2) Untuk mengetahui manakah keterampilan berpikir kritis yang lebih baik antara siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) atau siswa yang dikenai model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research), pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua siswa kelas VIII MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 41 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen (true eksperimental design) jenis posttest only control design yaitu menempatkan subjek penelitian ke dalam dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) dan kelas VIII B yang dikenai model pembelajaran konvensional. Uji statistik yang digunakan adalah rumus independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16.0 maupun cara manual. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini pertemuan dilaksanakan sebanyak lima kali yaitu satu kali pertemuan untuk melakukan uji coba angket, dua kali pertemuan dikelas VIII A dan dua kali pertemuan di kelas VIII B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe TTW (Think Talk Write) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII mata pelajaran fikih di MTs NU Khoiriyyah Bae Kudus tahun pelajaran 2017/2018 hal ini berdasarkan nilai hasil uji t dimana 〖 t〗_hitung lebih besar dari t_tabel (3,256 > 1,645) sehingga menghasilkan koefisien determinasi sebesar 60,24%. (2) Keterampilan berpikir kritis siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih baik dari keterampilan siswa yang dikenai model pembelajaran konvensional hal ini berdasarkan nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII A lebih tinggi dari nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa kelas VIII B 50,68 > 45,66.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif; TTW (Think Talk Write); Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Jun 2019 04:06 |
Last Modified: | 27 Jun 2019 04:06 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2717 |
Actions (login required)
View Item |