PENGARUHPERSEPSI UJIAN NASIONAL BERBASISKOMPUTERTERHADAP KECEMASAN PESERTA DIDIK DI SMK ASSA’IDIYYAH KIRIG MEJOBO KUDUSTAHUN 2015/2016

AUFA, MUHAMMAD (2016) PENGARUHPERSEPSI UJIAN NASIONAL BERBASISKOMPUTERTERHADAP KECEMASAN PESERTA DIDIK DI SMK ASSA’IDIYYAH KIRIG MEJOBO KUDUSTAHUN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. Abstraksi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Persepsi terhadap Ujian Nasional (UN) kerap menjadi momok yangmenakutkan bagi banyak peserta didik. Banyak sekali upaya-upaya yangdilakukan untuk sukses menghadapi UN. Baik itu upaya jelek atau upaya yangbaik. Sistem ujian yang masih dilakukan secara manual termasuk dengan sistemkoreksi ujiannya, membuat guru biasanya harus menambah jam kerja untukmembuat dan menilai soal ujian para siswa secara manual. Dalam kemajuanteknologi informasi yang semakin pesat, ujian manual tidak lagi dapat dijadikansebagai kegiatan rutin. Untuk itu dibutuhkan sebuah sistem ujian menggunakankomputer sebagai solusi untuk mengoptimalkan sistem ujian manual.Akan tetapi,Ujian nasional berbasis Komputer ini masih perlu dikaji, bagaimana gurumenyiapkan jam belajar untuk mata pelajaran yang masuk dalam daftar UN, les,bimbingan belajar, latihan menjawab soal UN hingga menyiapkan mental agarpersepsi peserta didik bisa positif dan tidak merasa cemas dalammenghadapiujian nasional berbasisKomputerini. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Bagaimana persepsi pesertadidik dalam menghadapi Ujian Nasional berbasisKomputerdi SMK Assa’idiyahKirig Mejobo Kudus?(2)Bagaimana kecemasan peserta didik dalam menghadapiUjian Nasional berbasisKomputerdi SMK Assa’idiyah Kirig Mejobo Kudus? (3)Bagaimana pengaruh persepsi Ujian Nasional berbasis Komputer terhadapkecemasan peserta didik di SMK Assa’idiyah Kirig Mejobo Kudus? Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakanpendekatan kuantitatif, yakni yakni prosedur penelitian yang menghasilkan data-data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Penelitiankuantitatif ialah penelitian yang menekankan analisisnya pada data-data numerikal(angka) yang diolah dengan metoda statistika. Populasi mencakup siswakelas XIISMK Assa’idiyah Kirig Mejobo Kudus dengan jumlah populasi sebanyak80siswa. Adapun untuk pengambilan sampel menggunakan tekniksampling jenuhyaitu teknik penentuan sampel dengan semua anggota populasinya digunakansebagai semua sampel,yaitu 80 sampel. Adapun analisis data yakni menggunakanrumus korelasiproduct momentdan regresi linier sederhana dengan uji hipotesisassosiatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Persepsi Ujian Nasionalberbasis Komputer di SMK Assaidiyyah Kirig Mejobo Kudus yaitu tergolong“baik”, karena memiliki nilai rata-rata 87,49 yang masuk dalam interval 87-95. (2)Kecemasan Peserta Didik di SMK Assaidiyyah Kirig Mejobo Kudus yaitutergolong “cukup baik”, karena memiliki nilai rata-rata 78,44 yang masuk dalaminterval 70-80. (3)Terdapat pengaruh yang signifikan antara Persepsi UjianNasional Komputer terhadap Kecemasan peserta didik di SMK Assaidiyah KirigMejobo Kudus, diketahui hasilnya dengan berkonsultasi pada tabel F dengan db =m sebesar 1 lawan N-m-1 sebesar 80-1-1=78, dengan harga F tabel 5% =3,963472. Jadi 25,833> 3,963472 berarti signifikan, maka H diterima. Kata Kunci:PersepsiUjian Nasional KomputerdanKecemasan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Ujian Nasional Komputer dan Kecemasan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jan 2017 03:04
Last Modified: 18 Jan 2017 03:04
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/276

Actions (login required)

View Item View Item