PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA BUKU-BUKU AGAMA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NU HASYIM ASY’ARI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Amalia, Ema (2018) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA BUKU-BUKU AGAMA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NU HASYIM ASY’ARI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah melihat berdasarkan dari hasil observasi dan hasil wawancara yang menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan minat membaca masih kurang maksimal. Hal tersebut menjadikan dampak yang mempengaruhi kurang berkembangnya perpustakaan SMA NU Hasyim Asy’ari Kudus. Masih banyak terlihat peserta didik yang cenderung enggan berkunjung ke perpustakaan. Dengan adanya penelitian yang dilakukan peneliti terhadap pemanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan minat membaca buku-buku agama pada mata pelajaran PAI diharapkan peserta didik aktif dalam pemanfaatan perpustakaan, berkembangnya perpustakaan dengan budaya membaca buku lewat buku-buku agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pemanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan minat membaca buku-buku agama pada mata pelajaran PAI di SMA NU Hasyim Asy’ari Kudus, 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanafaatan perpustakaan dalam meningkatkan minat membaca buku-buku agama pada mata pelajaran PAI di SMA NU Hasyim Asy’ari Kudus, 3) Kendalakendala pemanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan minat membaca bukubuku agama pada mata pelajaran PAI di SMA NU Hasyim Asy’ari Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk field research (penelitian lapangan) yang menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka penulis berusaha menjelaskan suatu objek permasalahan secara sistematis serta memberikan analisa secara cermat terhadap objek kajian tersebut yaitu dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Pemanfaatan perpustakaan dalam meningkatkan minat membaca buku-buku agama pada mata pelajaran PAI di SMA NU Hasyim Asy’ari Kudus tahun pelajaran 2017/2018 dikatakan kurang efektif dalam pemanfaatan perpustakaan. Tetapi usaha dari pihak perpustakaan maupun guru mata pelajaran dalam pemanfaatan perpustakaan cukup optimal. Karena masih ada beberapa guru mata pelajaran yang memfungsikan perpustakaan. Kebanyakan peserta didik yang kurang minat membaca, masih disibukkan dengan mencari tugas sekolah dengan sumber belajar dari internet, kurangnya bangku atau meja didalam perpustakaan, ruangan perpustakaan yang kurang luas, keterbatasan waktu untuk berkunjung ke perpustakaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan perpustakaan, Minat Membaca, Buku-buku Agama
Subjects: Sosial dan Budaya Islam > Perpustakaan dan Museum
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 May 2020 13:59
Last Modified: 16 May 2020 13:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2801

Actions (login required)

View Item View Item