PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH DINIYYAH DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN NGASEM BATEALIT JEPARA

Fu'ad, Muhammad (2018) PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH DINIYYAH DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN NGASEM BATEALIT JEPARA. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
FILE 1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Madrasah dininiyyah sebagai lembaga pendidikan di indonesia mempunyai peran yang sangat besar dalam ikut mencerdaskan anak bangsa, tujuan madrasah diniyyah untuk mencetak generasi yang beriman dan bertaqwa, berakhlakul karimah, serta membekali santri-santri dengan pengetahuan agama yang kuat ditengah-tengah terjadinya penurunanmoral anak bangsa Menghadapi perubahan kemajuan zaman yang sangat cepat, maka madrasah diniyyah dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan, salah satunya caranya adalah dengan mengembangakan lembaga pendidikan tersebut melalui kurikulumnya, beberapa komponen yang menjadi objek dari pengembangan tersebut adalah tujuan, isi, metode dan evaluasi Penelitian ini dimaksutkan untuk mengetahui perubahan dan penyebab terjadinya perubahan kurikulummadrasah diniyah di pondok pesantren Al-amin Ngasem Batealit Jepara, sehingga dapat dijadikan salah satu tolak ukur untuk pengembangan kurikulum Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang dikumpulkan kedalam bentuk kata-kata. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, trianggulasi, menggunakan bahan refrensi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan tiga langkah. Pertama, yaitu mereduksi data yaitu dengan cara menelaah seluruh data yang telah terkumpul dari berbagai sumber, baik dari wawancara, observasi maupun dokumentasi. Kedua, menyajikan data, dengan cara menyajikan data dalam bentuk urain atau cerita rinci yang sesuai dengan ungkapan yang telah didapat. Ketiga, verifikasi, dengan cara menarik kesimpulan atau menyimpulkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama: pelaksanaan pengembanagan kurikulum madrasah diniyyah Al-amin dapat dilihat dari empat komponen kurikulum, yaitu tujuan yakni menciptakan santri yang ahlussunnah wal jama’ah dengan ilmu pengetahuan islami, materi atau bahan mata pelajaran yang mendasar adalah tauhid, nahfu shorof, dan fiqih, metodenya dari sorogan, bandongan sampai karya wisata, dan evaluasi yang digunakan yaitu dengan drill pertanyaan. Penulis tertarik untuk mengkaji tentang pelaksanaan pengembangan kurikulum madrasah diniyyah karena di madrasah diniyyah ini kurikulum yang digunakan hanya berdasarkan kemampuan pengasuh yang bukan dari ikut serta kurikulum dari kementrian agam. Kedua, faktor-faktor yang dapat mengahambat atau mendukung dapat dilihat dari faktor tenaga pengajar, santri, materi, wali santri dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum, Madrasah Diniyyah, Pondok Pesantren Al-Amin
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 May 2020 14:22
Last Modified: 16 May 2020 14:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2804

Actions (login required)

View Item View Item