IMPLEMENTASI BIMBINGAN INDIVIDU DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR PADA SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN YANBU’UL QUR’AN MA’HAD AL ULUMISYSYAR’IYAH (MUSYQ) LIL BANAT DI DESA KERJASAN KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS

Zuliana, Farida (2019) IMPLEMENTASI BIMBINGAN INDIVIDU DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR PADA SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN YANBU’UL QUR’AN MA’HAD AL ULUMISYSYAR’IYAH (MUSYQ) LIL BANAT DI DESA KERJASAN KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (470kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (69kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (313kB)
[img] Text
06 BAB III .pdf

Download (96kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (180kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)

Abstract

Secara umum, kesulitan belajar terjadi pada setiap anak, termasuk para santri. Selain mengerjakan tugas sekolah, kegiatan pondok juga mempengaruhi kesulitan belajar pada santri. Santri yang mengalami kesulitan belajar sebagian besar menceritakan keluh kesah mereka ke Ustadzah atau pengurus pondok yang dirasa nyaman. Untuk itu, tujuan dari judul skripsi ini untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan seputar kesulitan belajar dan untuk mengetahui implementasi bimbingan Individu dalam menangani kesulitan belajar pada santri putri di pondok. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan dan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Untuk pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : 1) Pelaksanaan bimbingan individu yang berada di pondok MUSYQ Lil Banat hingga sekarang masih aktif. Bimbingan yang dilakukan oleh pengasuh dan pengurus demi kebaikan para santri, mereka mengemban tanggung jawab yang besar untuk membuat para santri menjadi lebih baik dari sebelumnya. 2) Terdapat beberapa faktor kesulitan belajar, salah satunya faktor internal, sebagian besar santri mengalami faktor psikologis, lewat nasehat dan bimbingan dari pengurus/ustadzah, para santri berusaha mengatasi kesulitan belajar dengan cara mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Bimbingan Individu, Kesulitan Belajar
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 May 2020 02:28
Last Modified: 18 May 2020 02:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2808

Actions (login required)

View Item View Item