IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PERSONALIZED SYSTEM OF INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NURUL HUDA MEDINI GAJAH DEMAK TAHUN PELAJARAN2014/2015

ROSIDAH, ROSIDAH (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PERSONALIZED SYSTEM OF INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERPERSONAL SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NURUL HUDA MEDINI GAJAH DEMAK TAHUN PELAJARAN2014/2015. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
File 1 COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
File 2 Abstrak.pdf

Download (4MB)
[img] Text
File 3 Daftar Isi.pdf

Download (4MB)
[img] Text
File 4 BAB 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
File 5 BAB 2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
File 6 Bab 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
File 7 BAB 4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
File 8 BAB 5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
File 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi model pembelajaran Personalized System Of Instruction dalam meningkatkan kemampuan interpersonal siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Nurul Huda Medini Gajah Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana implementasi pembelajaran personalized system of intruction dalam peningkatan kemampuan interpersonal siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Nurul Huda Medini Gajah Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. (2) Bagaimana efektifitas pembelajaran personalized system of intruction dalam peningkatan kemampuan interpersonal siswa mata pelajaran Fiqih di MA Nurul Huda Medini Gajah Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran personalized system of intruction dalam peningkatan kemampuan interpersonal siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Nurul Huda Medini Gajah Demak Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam skripsi ini, yaitu jenis dan pendekatan penelitian adalah field research dan pendekatan yang dipakai adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan sumber data primer meliputi kepala MA, guru dan siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi partisipatif, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji transferability, uji dependability, uji confirmability. Kajian ini menunjukkan bahwa : 1) Implementasi pembelajaran personalized system of intruction dalam peningkatan kemampuan interpersonal siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Nurul Huda Medini Gajah Demak dengan a) menentukan patokan penguasaan atau materi. b) merumuskan satuan pelajaran c) prosedur pengajaran ditentukan d) setiap siswa mempelajari unit-unit pelajaran dengan kecepatan sesuai dengan kemampuan masing-masing. e) tes diikuti oleh seluruh siswa. f) memberikan bimbingan melalui tutor kepada siswa. (2) Efektifitas pembelajaran personalized system of intruction dalam peningkatan kemampuan interpersonal siswa mata pelajaran Fiqih di MA Nurul Huda Medini Gajah Demak sangat memperhatikan perbedaan para peserta didik. Karena pembelajaran PSI menggunakan semacam program, dengan menambahkan unsur personal-sosial dalam kerangka programnya. (3) Faktor pendukung yaitu guru profesional, adanya dukungan baik dari siswa, adanya kemauan atau kesadaran siswa untuk belajar, adanya sarana dan prasarana. Sedangkan faktor penghambat peserta yang heterogen, masih kurang kesiapan sekolah, masih terdapat perencanaan yang belum maksimal. Kata Kunci: Pembelajaran, PSI, Interpersonal, Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; PSI; Interpersonal; Fiqih
Subjects: Fiqih
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jan 2017 03:59
Last Modified: 18 Jan 2017 03:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/282

Actions (login required)

View Item View Item