IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI INVESTIGASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V B MIN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Zuhdiana, Raysa (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI INVESTIGASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V B MIN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
FILE 1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (480kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (408kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (625kB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi model pembelajaran multiliterasi Investigasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VB MIN Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini terdapat tiga permasalahan, yaitu (1) Bagaimana Implementasi Model Pembelajaran Multiliterasi Investigasi di Kelas V B MIN Kudus. (2) Bagaimana Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V B MIN Kudus. (3) Bagaimana Pelaksanaan Model Pembelajaran Multiliterasi Investigasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V B MIN Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif pada kelas V B di MIN Kudus, pengumpulan data tersebut diperoleh dengan metode observasi pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran multiliterasi investigasi, wawancara pada guru Bahasa Indonesia, kepala madrasah serta peserta didik, dan metode dokumentasi yang diperoleh yaitu rencana pembelajaran dan catatan laporan penyelidikan peserta didik. Metode analisis yang digunakan yaitu reduksi data (meliputi interaksi belajar, penyelidikan peserta didik, keaktifan belajar serta produksi laporan sederhana peserta didik), penyajian data meliputi hal yang bersangkutan dalam reduksi data yaitu interaksi belajar, penyelidikan peserta didik, keaktifan belajar serta produksi laporan sederhana dan verifikasi sebagai penarikan kesimpulan analisis. Hasil penelitian ini adalah (1) Implementasi model pembelajaran multiliterasi investigasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia telah dilaksanakan selama 1 tahun pelajaran di MIN Kudus. (2) Pengajaran dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di MIN Kudus dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan diskusi. Namun seiring berkembangnya pembelajaran maka menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang di ajarkan (3) Model pembelajaran multiliterasi investigasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIN Kudus digunakan guru Bahasa Indonesia untuk pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan menggunakan model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik karena model pembelajaran ini terdapat kegiatan penyelidikan ke luar kelas, dan melatih peserta didik produktif dalam pembelajaran dengan penyusunan laporan penyelidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Multiliterasi Investigasi, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Keaktifan Belajar Peserta Didik.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2020 15:15
Last Modified: 19 May 2020 15:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2828

Actions (login required)

View Item View Item