FITRIYAH, SITI ARIFATUL (2016) PENGARUH TEKNIK POGIL (PROCEC–ORIENTED GUIDED–INQUIRY LEARNING)TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS SABILUL HUDA GUNTUR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. Cover.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (432kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (436kB) |
|
Text
4. Bab 1.pdf Download (377kB) |
|
Text
5. Bab 2.pdf Download (525kB) |
|
Text
6. Bab 3.pdf Download (411kB) |
|
Text
7. Bab 4.pdf Download (183kB) |
|
Text
8. Bab 5.pdf Download (436kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (442kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) mengetahui adanya teknik Pogil ( procec –oriented guided- inquiry learning ) peserta didik pada mata pelajaran fiqih ( 2 ) mengetahui kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih (3) mengetahui pengaruh teknik Pogil ( procec –oriented guided- inquiry learning ) terhadap kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian korelasi yaitu suatu peneliti yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menyatukan apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang akan diteliti dengan kuantitatif adalah teknik Pogil ( procec –oriented guided- inquiry learning )terhadap kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs Sabilul Huda Guntur Demak yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas VIII sejumlah 92 kemudian diambil sampel sebesar 73, cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dikatakan simple random sampling karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Teknik pengumpulan data di lapangan yang terkait dengan obyek penelitian ini adalah dengan menggunakan metode angket,dan dokumentasi. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik untuk hipotesis deskriptif menggunakan uji t dan hipotesis asosiatif menggunakan regresi linier sederhana,dan uji F mengenai pengaruh Teknik Pogil ( procec –oriented guided- inquiry learning ) Terhadap Kemandirian belajar Peserta Didik Di MTs Sabilul Huda Guntur Demak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) teknik ( procec –oriented guided- inquiry learning ) pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII dalam kategori baik sebesar (43) kemandirian belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih di kelas VIII dalam kategori baik yaitu sebesar ( 60) terdapat pengaruh yang signifikan dengan model Ŷ = 22,527 + 0,859 X. kemudian variabel teknik (procec –oriented guided- inquiry learning ) mempunyai hubungan yang positif dengan kemandirian belajar peserta didik yang cukup signifikan sebesar 0,551. Kemudian pada koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 30,3%, artinya teknik pogil (procec –oriented guided- inquiry learning) memberikan konstribusi sebesar 30,3% terhadap kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran fiqih di MTs MTs Sabilul Huda Guntur Demak. Kata Kunci: Teknik ( procec –oriented guided- inquiry learning ) dan Kemandirian belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik (procec–oriented guided-inquiry learning)dan Kemandirian belajar |
Subjects: | Fiqih 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Jan 2017 04:05 |
Last Modified: | 18 Jan 2017 04:05 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/283 |
Actions (login required)
View Item |