BIMBINGAN BELAJAR AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN DI MUSHOLA AL-MUBAROK DUKUH NGAMPEL DESA JATIREJO

Nisa, Syifa Khoirin (2019) BIMBINGAN BELAJAR AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN DI MUSHOLA AL-MUBAROK DUKUH NGAMPEL DESA JATIREJO. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (308kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (556kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (643kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (390kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (690kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (339kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (408kB)

Abstract

Penelitian ini berlandaskan pada fenomena yang terjadi di lapangan yakni motivasi belajar Al-Qur’an yang rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya peserta didik dalam murojaah(mengulang-ulang bacaan), kurang dalam menyimakkan Al-Qur’an, peserta didik yang tidak memperhatikan guru saat menjelaskan materi, dan semangat yang rendah dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan belajar Al-Qur’an dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an di Mushola al-Mubarok Dukuh Ngampel Desa Jatirejo.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research(lapangan).Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan pengambilan sampel. Uji keabsahan data menggunakan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan trianggulasi, sedangkan analisis data, menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan belajar Al-Qur’an sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an bagi peserta didik dan terjadi peningkatan yang signifikan pada aspek motivasi belajar Al-Qur’an akan tetapi masih ada beberapa peserta didik yang motivasi belajarnyarendah dikarenakan kurangnya minat dalam belajar. Peserta didik yang termotivasi dalam belajar akan berhasil mencapai tujuan belajarnya. Penelitian ini sebagai salah satu upaya untuk memahami dan meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an.Bagi peneliti selanjutnya agar menambah durasi serta memperhatikan kondisi anak atau peserta didik pada saat pelaksanaan bimbingan belajar Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar Al-Qur’an, Motivasi Belajar Al-Qur’an
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 May 2020 02:37
Last Modified: 20 May 2020 02:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2835

Actions (login required)

View Item View Item