Rosyidah, Falikhatur (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MATHOLIUL HUDA KUDUSPENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MATHOLIUL HUDA KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
FILE 1 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (321kB) |
|
Text
FILE 4 BAB I.pdf Download (424kB) |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Download (480kB) |
|
Text
FILE 6 BAB III.pdf Download (408kB) |
|
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Download (625kB) |
|
Text
FILE 8 BAB V.pdf Download (338kB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
Abstract
Realitas yang ada di MTs Matholiul Huda Kudus menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika masih berada dibawah dari KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimum ). Dan untuk meningkatkan hasil belajar tesebut peneliti melakaukan studi eksperimen terhadap mata pelajaran SKI dengan tujuan untuk (1 ) mengetahui bagaimana hasil belajar SKI menggunakan metode ceramah pada mata pelajaran SKI di kelas VIII, (2) mengetahui bagaimana hasil belajar SKI menggunakan metode pembelajaran Group to Group Exchange mata pelajaran SKI di kelas VIII, (3) mengetahui adakah perbedaan yang signifikan hasil belajar SKI di kelas VIII MTs Matholiul Huda dengan menggunakan metode pemebelajaran Group to Group Exchange dan metode ceramah mata pelajaran SKI. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen. Penulis melakukan studi eksperimen di MTs Matholiul Huda Kudus yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Populasi terdiri dari semua siswa kelas VIII. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik simple random sampling atau secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada. Tehnik yang digunakan untuk menguji hipotesis komparatif yaitu menggunakan analisit-test dengan polled variance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil belajar peserta didik kelas VIII dengan tidak menggunakan metode pembelajaran Group to Group Exchange pada mata pelajaran SKI di MTs matholiul Huda Kudus kurang dari KKM ( 75 ). Hasil belajar peserta didik kelas VIII dengan menggunakan metode pembelajaran Group to group Exchange pada mata pelajaran SKI di MTs matholiul Huda Kudus Tahun diatas KKM (75) . Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran Group to Group Exchange di Mts Matholiul Huda Kudus. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik kelas VIII menggunakan metode pembelajaran Group to Group Exchange dan ceramah di MTs Matholiul Huda Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Group to Group Exchange , Hasil Belajar, Sejarah kebudayaan Islam.Metode Pembelajaran Group to Group Exchange , Hasil Belajar, Sejarah kebudayaan Islam. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 May 2020 02:02 |
Last Modified: | 22 May 2020 02:02 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2845 |
Actions (login required)
View Item |