SISTEM PRODUKSI DAN PEMASARAN PADA EL-LISA HIJAB DI PENDOSAWALAN, KALINYAMATAN, JEPARA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Dwi Astuti, Lisa (2018) SISTEM PRODUKSI DAN PEMASARAN PADA EL-LISA HIJAB DI PENDOSAWALAN, KALINYAMATAN, JEPARA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
FILE 1 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (312kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (321kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (480kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (408kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (625kB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (319kB)

Abstract

Penelitian berjudul sistem produksi dan pemasaran pada El-Lisa Hijab di Pendosawalan, Kalinyamatan, Jepara dalam perspektif ekonomi Islam, ini bertujuan untuk menganalisis sistem produksi dan pemasaran apakah sudah sesuai dengan ekonomi Islam atau belum. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research), merupakan penelitian dengan karakteristik masalah yang berkaitan dengan kondisi saat ini subjek yang diteliti dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi data reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sistem produksi yang dijalankan oleh El-Lisa Hijab sudah sesuai dengan ekonomi Islam, produk yang diperjualbelikan adalah produk yang menjadi salah satu kewajiban wanita muslimah dalam menutup aurat, penjualan harga produk wajar dan pemberdayaan terhadap tenaga kerja menjadi tujuan dari bisnis El-Lisa Hijab untuk mendapatkan keberkahan dunia dan akhirat. Sistem pemasaran yang diterapkan yaitu sistem pemasaran vertikal yang terdiri dari produsen, pedagang grosir, dan pengecer. Produk yang di jual di El-Lisa Hijab yaitu jilbab dan mukena dari anak-anak, remaja, dan ibu-ibu dewasa. Dalam penetapan harga El-Lisa Hijab menetapkan harga sesuai dengan yang berlaku dipasaran, tetapi ada ketentuannya untuk penjualan online, seperti reseller mendapat keuntungan 10%, agen keuntungan yang di dapat adalah 20%, selanjutnya distributor mendapat keuntungan 30%. Promosi melalui iklan, publikasi, sales promotion, dan personal selling. Dalam melakukan promosi ElLisa Hijab menyampaikan informasi sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Proses distribusi El-Lisa Hijab untuk sampai ke konsumen, jika penjualan offline didistribusikan ke langsung ke pedagang grosir. Untuk penjualan online pendistribusiannya melalui jasa pengiriman. Bukti fisik sendiri El-Lisa Hijab memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen dengan cara memproduksi jilbab dengan kualitas yang baik dan lulus quality control, model jilbab yang up to date. El-Lisa Hijab selama ini belum pernah memberikan janji kepada konsumen, dikarenakan pihak El-Lisa Hijab jika tidak bisa memenuhi janji kepada konsumen menjadikan El-Lisa Hijab mendapat nilai negatif di masyarakat. Dalam melayani konsumen El-Lisa Hijab melayani dengan kesabaran, karena kesabaran adalah point penting untuk berkomunikasi kepada konsumen. Jadi dalam sistem pemasaran El-Lisa Hijab sudah sesuai dengan marketing mix dalam Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Produksi, Pemasaran, Ekonomi Islam.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, Komunikasi, Transportasi > Perdagangan
Divisions: Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 May 2020 02:14
Last Modified: 22 May 2020 02:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2846

Actions (login required)

View Item View Item