Ummah, Faria Kholifatul (2018) PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL PASAR-PASARAN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA DINI DI KB ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ KARANGANYAR DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (77kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (77kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (117kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (180kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (109kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (175kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (75kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan permainan tradisional pasar-pasaran pada anak usia dini di KB Abu Bakar Ash-Shiddiq Karanganyar Demak tahun pelajaran 2017/2018. 2)Untuk mengetahui bagaimana peranan permainan tradisional pasar-pasaran dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak usia dini di KB Abu Bakar Ash-Shiddiq Karanganyar Demak tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yakni suatu kegiatan penelitian dimana unsur-unsur seperti pengumpulan datanya dilakukan di lapangan yang menjadi obyek dari penelitian. Fokus dalam penelitian ini adalah pembelajaran di KB Abu Bakar Ash-Shiddiq Karanganyar Demak Tahun Pelajaran 2017/2018. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan mendeskripsikan secara menyeluruh terhadap semua varian hasil analisis dari berbagai metode pengumpulan data dan hasil data serta analisis data yang didapatkan untuk kemudian disusun dalam rangkaian urian deskriptif yang menggambarkan hasil-hasil konkrit sebagai jawaban dari tema yang diajukan. Hasil penelitian bahwa: Penerapan Permainan Tradisional Pasar-Pasaran dalam Mengembangkan Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di KB Abu Bakar Ash-Shiddiq Karanganyar Demak dalam bentuk permainan yang dilakukan oleh anak dengn permainan jual beli. Dalam perencanaan penggunaan metode bermain peran tersebut merujuk kepada Rencana Kegiatan Mingguan (RKM), Rencana Kegiatan Harian (RKH). Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran yaitu anak berperan sebagai orang lain seperti berperan menjadi penjual dan berperan menjadi pembeli. Pada permainan tradisional pasar-pasaran dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak usia dini di KB Abu Bakar Ash-Shiddiq Karanganyar Demak sangatlah bermanfaat, karena memiliki banyak aspek keterampilan sosial anak antara lain, keterampilan dalam bekerja sama, keterampilan dalam menyesuaikan diri, keterampilan anak dalam berinteraksi, keterampilan dalam mengontrol diri, keterampilan daam berempati, keterampilan dalam menaati aturan (disiplin) dan keterampilan dalam menghargai orang lain. Penerapan permainan tradisional pasar-pasaran dalam sebuah permainan peran lebih mudah dilakukan oleh anak, karena adegan dalam pasar-pasaran adalah kenyataan sehari-hari yang ada dalam kehidupan anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Permainan Tradisional Pasar-Pasaran, Kecerdasan Sosial. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 May 2020 03:43 |
Last Modified: | 27 May 2020 03:50 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2861 |
Actions (login required)
View Item |