Ilmiyah, Rofii'atul (2018) IMPLEMENTASI SOCIAL PLANNING APPROACH (SPA) PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs. KEDUNGOMBO MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
FILE 1 COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (321kB) |
|
Text
FILE 4 BAB I.pdf Download (424kB) |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Download (480kB) |
|
Text
FILE 6 BAB III.pdf Download (408kB) |
|
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Download (625kB) |
|
Text
FILE 8 BAB V.pdf Download (338kB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (319kB) |
Abstract
Dalam penelitian skripsi ini mengambil tiga permasalahan meliputi: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis Social Planning Approach (SPA )di kelas VIII MTs. Kedungombo Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana implementasi Social Planning Approach (SPA )dalam mengembangkan perilaku sosial siswa di kelas VIII MTs. Kedungombo Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis Social Planning Approach (SPA )di kelas VIII MTs. Kedungombo Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018? Adapun metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada 1) Metode Observasi. 2) Metode Wawancara. 3) Metode Dokumentasi. Sedangkan analisis uji keabsahan data adalah perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi (Cross Chek ), menggunakan bahan referensi, dan mengadakan member chek. Dan teknik analisis data adalah 1)Data reduction (Reduksi Data ). 2)Data Display (Penyajian Data ). 3)Conclucion Drawing/ Verification (Verifikasi Data ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis Social Planning Approach (SPA )di Kelas VIII MTs. Kedungombo Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2017/2018 pada dasarnya sudah berjalan dengan baik, dilihat dari adanya rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP ), pelaksanaan sampai pada tahap akhir yaitu evaluasi. Strategi yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis Social Planning Approach (SPA )yaitu CTL karena dengan strategi CTL pembelajaran menjadi lebih bermakna. 2) Implementasi pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis Social Planning Approach dalam mengembangkan perilaku sosial siswa meunjukkan bahwa perilaku sosial siswa sudah baik, terbukti dengan adanya pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis sosial ini lebih mengembangkan perilaku sosial siswa karena dalam proses pembelajarannya siswa dituntut untuk lebih aktif dan menemukan ide sendiri sesuai dengan materi dan realitas sosial yang terjadi di lingkungan sekitar siswa, sehingga perilaku sosial siswa dapat berkembang. 3) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Aqidah Akhlak berbasis Social Planning Approach, meliputi : Faktor pendukung sarana dan prasarana yang memadai, sumber belajar atau media pembelajaran, guru lebih intensif membimbing. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya konsentrasi siswa dan perbedaan kemampuan berpikir siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Planning Approach, pembelajaran Aqidah Akhlak, perilaku sosial. |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 May 2020 13:27 |
Last Modified: | 27 May 2020 13:27 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2870 |
Actions (login required)
View Item |