Syafiqul Umam, Muhamad (2018) HUBUNGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN BASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI DI MA MANZILUL ULUM BAK.ALAN KRAPYAK KALIWUNGU KUDOS TAHON PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (454kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (761kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (3MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (451kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (465kB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada hubungan anatara kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya hubungan anatara kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan angket yang disebarkan pada responden dengan sampel sebanyak 48 peserta didik dengan teknik probability sampling, dalam teknik yang dipilih adalah simple random sampling, dikatakan simple yaitu sampel anggota populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji homogenitas, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolonearitas, uji autokorelasi kemudian uji statistik mengggunakan uji regresi dan korelasi dibantu dengan program SPSS. Dari penelitian ini, dibuktikan bahwa : 1) Adanya hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MA Manzilul Ulum dapat diterima kebenarannya pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Hal ini dapat dilihat nilai r0 = 0,404 berada di atas rtabel atau r product moment taraf signifikan 5% sebesar 0,368 dan taraf signifikan 1% sebesar 0,284. Maka hipotesis yang peneliti ajukan diterima. 2) Adanya hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MA Manzilul Ulum dapat diterima kebenarannya pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Hal ini dapat dilihat nilai r0 = 0,470 berada di atas rtabel atau r product moment taraf signifikan 5% sebesar 0,368 dan taraf signifikan 1% sebesar 0,284. Maka hipotesis yang peneliti ajukan diterima. 3) Adanya hubungan antara kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MA Manzilul Ulum dapat diterima kebenarannya pada taraf signifikan 5% maupun 1%. Hal ini dapat dilihat nilai r0 = 0,492 berada di atas rtabel atau r product moment taraf signifikan 5% sebesar 0,368 dan taraf signifikan 1% sebesar 0,284. Dalam analisis uji hipotesis diketahui bahwa nilai Freg sebesar 7,168 lebih besar daripada Ftabel yakni 3,20 (7,168>3,20), maka hipotesis yang peneliti ajukan diterima bahwa “Ada hubungan antara kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XI di MA Manzilul Ulum Bakalan Krapyak Kaliwungu Kudus.”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Intrapersonal, Kecerdasan Interpersonal dan Hasil Belajar . |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 28 May 2020 23:29 |
Last Modified: | 28 May 2020 23:48 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2892 |
Actions (login required)
View Item |