KONSEP PENDIDIKAN ISLAM SIDI GAZALBA DALAM BUKU MESDJID “PUSAT IBADAT DAN KEBUDAJAAN ISLAM” DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

Dayanti, Umi (2019) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM SIDI GAZALBA DALAM BUKU MESDJID “PUSAT IBADAT DAN KEBUDAJAAN ISLAM” DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (409kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (83kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (140kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pemikiran Sidi Gazalba dalam buku Mesdjid “Pusat Ibadat dan Kebudajaan” pada konsep pendidikan Islam, (2) Untuk mengetahui konsep pendidikan lingkungan/kebudayaan, (3) Untuk mengetahui konsep pendidikan Islam Sidi Gazalba dalam buku Mesdjid “Pusat Ibadat dan Kebudajaan” terhadap pendidikan Islam kontemporer. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian literer (library reseach). Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Sementara itu, teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode hermeuneutik dan deskriptif analitik. Hermeuneutik diartikan sebagai “penafsiran” atau interpretasi. Sedangkan, deskriptif analitik adalah metode dengan cara menguraikan sekaligus menganalisis Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam Sidi gazalba dalam buku Mesdjid “Pusat Ibadat dan Kebudajaan” dan implementasinya terhadap pendidikan Islam kontemporer yaitu: (1) Pemikiran Sidi Gazalba dalam buku Mesdjid “Pusat Ibadat dan Kebudajaan” pada konsep pendidikan Islam yaitu pendidikan Islam sesungguhnya tidak hanya menjadikan masjid hanya membahas soal mati saja, tetapi juga membahas soal hidup. Kepada anak bangsa untuk masa yang akan datang digantungkan harapan untuk menjadikan lembaga pendidikan Islam yang hidup, sehingga denyut jantung masyarakat Muslim sekitarnya memanjatkan diri kepada Allah. (2) Konsep pendidikan Islam menurut pemikiran Sidi Gazalba dalam buku Mesdjid “Pusat Ibadat dan Kebudajaan” terhadap pendidikan Islam kontemporer yakni pada saat anak berada dalam usia pendidikan sekolah, masjid digunakan untuk melengkapi dengan pendidikan addin. Jalan yang ditempuh dalam hal ini adalah menampung para pemulanya sebanyak mungkin untuk kegiatan mereka di masjid (di luar sekolah), saluran pendidikan masjid kedalam sekolah ialah pelajaran agama yang merupakan mata pelajaran sekolah. Setelah seseorang lulus sekolah, dia akan masuk ke dalam hidup masyarakat mencari penghidupan dan mendirikan rumah tangga, maka ia akan memasuki lapangan pendidikan yang lebih luas lagi, karena lapangan pendidikan Islam itu tidak terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan Islam Sidi Gazalba
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Jun 2020 02:39
Last Modified: 02 Jun 2020 02:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2909

Actions (login required)

View Item View Item