HUBUNGAN PENDEKATAN SOSIO-EMOSIONAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN AKHLAK SISWA KELAS 5 DI MI NU MANAFIUL ULUM 01 GETASSRABI GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2019

Finorika, Farik (2019) HUBUNGAN PENDEKATAN SOSIO-EMOSIONAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN AKHLAK SISWA KELAS 5 DI MI NU MANAFIUL ULUM 01 GETASSRABI GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (840kB)
[img] Text
2. ABSTRACK.pdf

Download (834kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (836kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (616kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (734kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (685kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (803kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (552kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (547kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan “hubungan pendekatan sosio-emosional dengan akhlak siswa” (2) Untuk mengetahui Akhlak Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI NU Manafiul Ulum I Getassrabi Gebog Kudus (3) Untuk mengetahui seberapa besar hubungan pendekatan sosio-emosional dengan akhlak siswa kelas 5. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun lokasi penelitian di MI NU Manafiul Ulum I dengan menggunakan metode angket dan didukung oleh hasil dokumentasi pada siswa sebanyak 30 orang dan teknik analisis data menggunakan rumus uji regresi sederhana. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Teknik Pendekatan sosio- emosional Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI NU Manafiul Ulum I termasuk dalam kategori baik, hal itu dapat dilihat dari hasil analisa menunjukan nilai rata-rata (mean) sebesar 85,3 yang masuk dalam interval 75-86, artinya pelaksanaan Pendekatan sosio-emosional Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak terlaksana dengan efektif. (2) Kemampuan Akhlak Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI NU Manafiul Ulum I termasuk dalam kategori baik, hal itu dapat dilihat dari hasil analisa menunjukan nilai rata-rata (mean) dari Akhlak siswa sebesar 86,33 yang masuk dalam interval 84-95. Jadi, semakin baik Akhlak Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak, maka semakin mudah pula guru menyampaikan materi pembelajaran yang diajarkan. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Hubungan Pendekatan Sosio-emosional dengan Akhlak Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Ini terbukti dari hasil analisis regresi yang diketahui bahwa pada taraf signifikan 5% terdapat rtabel adalah = 0,361 sedangkan ro = 0,721 yang berarti ro lebih besar dari rt (ro > rt) maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: endeekatan Sosio-emosional, Dengan Akhlak siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Jun 2020 13:26
Last Modified: 09 Jun 2020 13:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2941

Actions (login required)

View Item View Item