TOTALITAS KINERJA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI’UL FALAH KANDANGMAS DAWE KUDUS

Cahyono, Monix (2019) TOTALITAS KINERJA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH MATHOLI’UL FALAH KANDANGMAS DAWE KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (544kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (293kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (585kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (200kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VII pada mata pelajaran al-qur’an hadits. 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran al-qur’an hadits. 3) Untuk mengetahui bentuk totalitas kinerja guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran alqur’an hadits. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif pada kelas VII di MTs Matholi’ul Falah Kandangmas Dawe Kudus. Data yang diperoleh adalah data primer yang berupa hasil wawancara kepada para narasumber yang meliputi kepala madrasah, waka kurikulum, guru pengampu mata pelajaran, siswa kelas VII, dan orang tua siswa kelas VII. Selain itu, untuk melengkapi data penelitian, peneliti juga mengambil data sekunder seperti profil madrasah, struktur organisasi, data guru, staff dansiswa, lokasi dan sarana prasarana yang diambil dari dokumen madrasah MTs Matholi’ul Falah. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan beberapa teknik yaitu teknik wawancara yang dilakukan dengan kepala madrasah, waka kurikulum, guru, siswa kelas VII serta orangtua siswa kelas VII. Selain dengan wawancara peneliti juga menggunakan teknik observasi, yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar yang dilakukan di MTs Matholi’ul Falah Kandangmas Dawe Kudus. Sementara itu untuk mendukung informasi yang didapat dari hasil observasi dan wawancara tersebut, maka peneliti juga menggunakan teknik dokumentasi. Untuk menguji data yang didapat peneliti melakukan uji keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan dan mengaudit data yang ada yang dilakukan oleh pembimbing. Dalam menganalisa data, peneliti merangkum, memilah dan memfokuskan data padahal yang penting, kemudian menguraikan data pada hal-hal yang penting dari lapangan tersebut dan menarik kesimpulan akhir temuan penelitian mengenai bentuk-bentuk kesulitan belajar, faktor yang menyebabkan kesulitan belajar, dan bentuk totalitas kinerja yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII MTs Matholi’ul Falah Kandangmas Dawe Kudus. Hasil yang diperoleh adalah bentuk kesulitan belajar yang dihadapi siswa kelas VII adalah kesulitan membaca alqur’an. Faktor yang menyebakan siswa mengalami kesulitan belajar membaca alqur’an ini terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal antara lain adalah kurangnya minat serta tingkat pemahaman rendah karena mayoritas berasal dari sekolah umum, sementara itu faktor eksternal yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar adalah guru yang mengajar, fasilitas sekolah yang terbatas serta kurangnya dukungan yang diberikan oleh orang tua. Sementara itu bentuk totalitas kinerja guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca alqur’an siswa kelas VII di MTs Matholi’ul Falah Kandangmas Dawe Kudus adalah dengan memaksimalkan perannya sebagai motivator, pembimbing serta evaluator. Selain itu guru juga melakukan usaha secara terstruktur dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa mulai dari mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar, melaksanakan pengajaran remidial bagi serta bekerjasama dengan orang tua siswa. Hal tersebut dilakukan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar sehingga hasil belajar yang diperoleh bisa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Totalitas, Kesulitan Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Jun 2020 04:06
Last Modified: 20 Jun 2020 04:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2986

Actions (login required)

View Item View Item