ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM BINA KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA BERPRESTASI DI MI NU MIFTAHUL ULUM 02 HONGGOSOCO JEKULO KUDUS

Noor Rohmah, Siti (2019) ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM BINA KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA BERPRESTASI DI MI NU MIFTAHUL ULUM 02 HONGGOSOCO JEKULO KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (962kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (452kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (500kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (625kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (701kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (486kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (810kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (484kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (406kB)

Abstract

Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan program bina keagamaan dalam meningkatkan karakter siswa berprestasi serta mengetahui Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program bina keagamaan dalam meningkatkan karakter siswa berprestasi di MI NU Miftahul Ulum 02 Honggosoco Jekulo Kudus. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi terhadap intansi pendidikan yang terkait yaitu MI NU Miftahul Ulum 02 Honggosoco Jekulo Kudus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program bina keagamaan dalam meningkatkan karakter siswa berprestasi di MI NU Miftahul Ulum 02 Honggosoco Jekulo Kudus yaitu: (1) Pelaksanaan program bina keagamaan adalah program kegiatan pelajaran diluar jam pelajaran yang menekankan pada kemampuan melafalkan, membaca, menghafal, dan memahami yang selaras dengan jenjang pendidikan madrasah ibtidaiyah. Proses pelaksanaan program bina keagamaan dalam meningkatkan karakter siswa berprestasi yaitu: membaca Asma’ul Husna, membaca surat-surat pendek juz ke 30, membaca Yasin dan Tahlil dan sholat berjamaah. Caranya: membaca Asma’ul Husna setiap hari, membaca surat-surat pendek Juz ke 30 menggunakan Juz Amma dengan membagi bacaan menjadi 6 kelas (mulai dari kelas I sampa kelas VI). Untuk kelas V dan VI diberikan tambahan membaca surat Yasiin dan Tahlil. Setelah jam pelajaran selesai pada siang hari diadakan sholat Fardlu berjama’ah yang lebih ditekankan dalam pembelajaran sehari-hari. (2) Faktor pendukung: antusias siswa, motivasi siswa mengikuti program kegiatan, dan dukungan guru, wali murid serta warga sekitar madrasah. Adapun faktor penghambat: kejenuhan siswa, terbatasnya pengawasan dan terbenturnya dana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Program, Bina Keagamaan, Meningkatkan Karakter Siswa, Berprestasi.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jun 2020 07:56
Last Modified: 22 Jun 2020 07:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3003

Actions (login required)

View Item View Item