KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NU NURUL ULUM JEKULO KUDUS

Farich Hisdayat, M. (2019) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS NU NURUL ULUM JEKULO KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-Kata Pengantar.pdf

Download (696kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (349kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (587kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (297kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (702kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
9. daftar pustaka.pdf

Download (114kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan Mengetahui secara jelas tentang kreativitas guru dalam pembelajaran mata pelajaran Fiqih di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus, Mengetahui proses pembelajaranmata pelajarn Fiqih di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kreativitas pembelajaran untuk mata pelajaran Fiqih di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitiannya adalah di MTs. NU Nurul Ulum Jekulo Kudus Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) kreativitas guru dalam proses pembelajaran Fikih di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus . Guru Pendidikan agama Islam membuat dan melakukan: perencanaan pembelajaran, Pengelolaan pelaksanaan pengajaran dengan baik, Pelaksanakan penilaian pengajaran dengan baik dan berpareasi. 2) Faktorfaktor penghambat dan pendukung dalam peningkatan kreativitas guru Fikih di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus adalah; faktor penghambat dan faktor pendukung. 3) Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kreativitasnya dalam melaksanakan proses pembelajaran Fikih adalah; melaksanakan workshop/pelatihan keguruan secara internal di Sekolah, mengaktifkan guru dalam pelaksanakan MGMP, melaksanakan kunjungan/studi banding ke sekolah lain, meningkatkan ketersediaan sarana, berupa; media pembelajaran, perangkat kurikulum dan alat peraga lainnya yang diperlukan, dan meningkatkan kerja sama yang baik antara seluruh komponen atau para pemangku kepentingan (stakeholder) pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Pembelajaran Fiqih.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Jun 2020 09:57
Last Modified: 26 Jun 2020 09:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/3041

Actions (login required)

View Item View Item